Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

4 Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarakatuh

Marilah pertama-tama mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT yang mana sudah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah kepada kita semua yang hadir di tempat ini. Segala rahmat, nikmat, dan hidayah yang telah diberikan kepada kita semua sangat banyak dan tidak dapat diukur.

Shalawat dan salam juga kita ucapkan kepada junjung Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri tauladan bagi seluruh umat Islam. Berkat tauladan Nabi Muhammad SAW, seluruh umat Islam dapat mencontohkan perbuatan tanggung jawab dan juga kebaikan selayaknya khalifah di muka bumi yang sesungguhnya.

Kepada yang kami hormati:

Bapak kepala sekolah SD Muhammadiyah Sapen beserta dengan jajarab seluruh guru di SD Muhammadiyah Sapen.

Bapak. Ibu wali murid yang hadir

Serta teman-teman semuanya

Saya berdiri di depan untuk menyampaikan kata-kata, pesan, dan juga kesan selama sudah menempuh pendidikan selama enam tahun. Ini bukanlah masa yang singkat dan kami akan selalu mengingat jasa-jasa para guru sekalian.

Berkat jasa dan juga kesabaran kalian, kami bisa memahami cara untuk membaca, berhitung, dan mengetahui tentang berbagai macam ilmu lainnya. Berkat jasamu ini, kami mampu untuk bisa lebih menghadapi dunia di kemudian harinya.

Dengan ilmu yang telah dibekali ini membuat hidup kami sebagai generasi muda penerus bangsa menjadi lebih berarti. Semoga amal kebaikan dan ibadah Bapak dan Ibu guru sekalian diterima oleh Allah SWT dan dicatat di sisi-Nya.

Pada kesempatan kali ini, saya juga menjadi perwakilan atas murid-murid lainnya untuk mengucapkan permohonan maaf. Apabila selama ini ada perbuatan kami yang tidak berkenan di hati kalian. Kami tidak bermaksud untuk menyakiti perasaan kalian. Kami harap Bapak dan Ibu guru sudi untuk menerima permintaan maaf kami.

Selain itu, kami sebagai senior kelas dari adik-adik sekalian ingin mengucapkan, “belajarlah yang giat dan berusahalah sekuat tenaga untuk mengusir rasa bosan dalam menimba ilmu”. Semua ilmu yang kalian pelajari hari ini akan bermanfaat bagi kehidupan adik-adik di masa depan. Hanya saja mungkin sekarang belum terasa, tetapi suatu saat pasti akan berguna.

Cukup sampai disini dan saya akhiri. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah SMPN 5 Yogyakarta
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMPN 5Yogyakarta dan seluruh staff yang bekerja
Serta seluruh teman-teman yang saya cintai

Pertama marilah kita ucapkan Puji syukur kepada kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan nikmat kepada kitia selama ini, baik berupa kesehatan dan hal-hal lainnya. Bahkan kita dapat berkumpul di aula ini juga merupakan suatu rahmat, sehingga kami siswa-siswi SMPN 5 dapat mengucapkan terima kasih dan juga permohonan maaf bila ada kesalahan.

Selain itu, marilah kita bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW berserta seluruh keluarga dan juga sahabat. Semoga suatu hari nanti kita dapat bertemu kembali dengannya di surga. Aamiin. Kemudian, kepada para Bapak dan Ibu Wali murid yang saya hormati, saya bersama dengan segenap siswa lainnya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di tempat ini.



Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras untuk menyiapkan aula demi keberlangsungan acara perpisahaan kali ini. Saya sebagai perwakilan dari siswa SMPN 5 menyampaikan bahwa tiga tahun adalah waktu yang cukup lama untuk menimba ilmu dan juga bertemu dengan para guru dan juga teman-teman yang saya cintai.

Oleh sebab itu, saya sangat merasa sedih dan bercampur dengan senang hari ini. Merasa sedih, karena harus meninggalkan sekolah ini dan senang berkat kelulusan. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan juga ketekunan.

Saya menyadari bahwa menjadi sabar itu tidaklah mudah. Saya juga mewakili teman-teman lainnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besar, apabila dalam bertindak atau berucap terdapat kata-kata kami yang pernah melukai hati Bapak dan Ibu guru sekalian.

Kami berharap doa restu dari Bapak dan Ibu guru sekalian, agar kami dapat diterima di SMA yang diinginkan dan juga mampu meraih cita-cita di kemudian harinya. Sedangkan untuk para adik-adik kelas, kami sebagai kakak kelas menyampaikan bahwa jangan pernah merasa puas akan ilmu yang sudah dimiliki.

Ilmu itu begitu banyak dan juga luas. Maka dari itu, menimba ilmu harus dilakukan secara terus-menerus tanpa henti. Sekian dari pidato yang saya sampaikan dan saya mohon maaf apabila ada salah kata dalm penyampaian pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kepada seluruh para hadirin di aula ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada kehadirat Allah SWT atas limpahan karunia dan juga rahmat, kita semua dapat hadir dan berkumpul di aula ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT, karena sudah diberikan rejeki berupa kelulusan kepada seluruh siswa SMAN 12.

Kemudian, kita juga ucapkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan semoga saja kita bisa mendapatkan syafaatnya kelak. Dengan syafaat yang diberikan, kita akan memiliki kesempatan untuk dapat berkumpul kembali di surga.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMAN 12
Kepada yang terhormat Bapak, Ibu guru dan juga jajaran staff SMAN 12 semuanya
Serta kepada Bapak dan Ibu Wali murid yang hadir
Juga teman-teman sekalian yang saya cintai

Saya sangat berterima kasih kepada seluruh guru yang ada di SMAN 12 ini. Berkat ilmu-ilmu yang diberikan, kami menjadi lebih pandai. Semoga ke depannya akan langsung dapat bermanfaat kepada masyarakat.

Kami juga berharap akan doa restu dari para guru dan juga Bapak serta Ibu Wali murid supaya kami semuanya dapat meraih cita-cita kami. Semoga kami dapat mencapai apa yang dicita-citakan selama ini. Apabila selama 3 tahun ini terdapat kata-kata dan tindakan kami yang menyakiti hati Bapak dan Ibu guru, kami mohon maaf.

Sekian pidato saya saya akhiri dan saya minta maaf apabila terdapat kekurangan dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Perpisahan Mahasiswa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Berkat karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di sini dan diberikan kesehatan.

Kepada yang terhormat Bapak Dekan Universitas Islam Indonesia
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu Dosen sekalian
Kepada para hadirin semuanya

Kemudian, kita panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan suri telaudan bagi umat Islam. Semoga kita dapat berkumpul lagi di surge dengan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Saya di sini mewakili para wisudawan dan wisudawati yang lainnya untuk menyampaikan pesan dan kesan selama berkuliah di Universitas Islam Indonesia. Hari ini adalah hari yang paling dinantikan oleh semua mahasiswa yang berkuliah.

Tentu saja kita merasakan sangat bersyukur atas ilmu dan juga kesabaran para Bapak dan Ibu Dosen. Kami juga berharap agar langsung bisa menerapkan ilmu kepada masyrakat sekalian. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak-Ibu Dosen, seluruh Wali Mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian atas dukungannya, sehingga bisa lulus.

Menempuh studi di bangku perkuliahan bukanlah waktu yang lama. Maka dari itu, kami sering menemukan banyak masalah dan sering berdiskusi dengan dosen, orang tua mahasiswa, dan juga teman-teman sekalian. Berkat dukungan ini, akhirnya kami dapat menyelesaikan skripsi kami dan lulus.

Apabila selama ini ada kata-kata dan perilaku kami yang menyakiti hati para hadirin semua, kami mohon maaf. Sekian dari saya dan saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb..