Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

6 Cara Lebih Cerdas untuk Menangani Bully

Coba baca kasusu di bawah ini !
Susan * adalah wanita yang menarik dan berpakaian bagus di awal usia 50-an. Dia memiliki dua anak yang sudah dewasa. Yang satu adalah seorang anak perempuan yang tidak berbicara dengan Susan, dan yang lainnya adalah seorang putra yang tinggal di rumah dan tidak pernah mampu mempertahankan pekerjaan tetap.

Susan tidak mengerti mengapa putrinya menolak untuk berbicara dengannya, tetapi dia yakin itu bukan karena kesalahannya. “Saya seorang ibu yang sangat, sangat baik,” katanya.

Dia juga merasa bahwa dia tidak dapat bertanggung jawab atas kesulitan putranya. “Kami memberi kedua anak kami segala yang mereka butuhkan,” katanya. Dengan caranya sendiri, Susan mencintai anak-anaknya — dan suaminya. Tapi dia adalah pengganggu yang terus-menerus mengkritik orang-orang yang dia cintai. Dia terluka, mengendalikan, dan sering kasar secara verbal. Dan dia tidak tahu bahwa perilakunya memiliki dampak merusak pada orang yang paling dia cintai.

Susan hampir, tetapi tidak sepenuhnya cocok dengan profil seorang pengganggu usia sekolah yang ditawarkan oleh rekan kerja saya, Frank L. Smoll:

    " Intimidasi diulang, perilaku agresif ... yang melibatkan ketidakseimbangan kekuatan yang nyata atau yang dirasakan. Tujuannya adalah untuk memberikan kerugian fisik atau psikologis kepada orang lain. Ada tiga jenis utama intimidasi. Dalam olahraga remaja , bentuk-bentuk intimidasi verbal yang paling umum adalah peneleponan nama, ejekan, kekasaran, dan ancaman kekerasan dan / atau bahaya pada atlet lain.Pertindasan sosial termasuk mengecualikan atlet lain dengan sengaja, bergosip, pembicaraan sampah yang menyakitkan, dan mempermalukan seorang atlet di depan orang lain. , tersandung, kepala menunduk, handuk patah, meludah, mencuri, dan membuat gerakan tangan yang kasar. "

Rekan PT lainnya, Peg Streep , memberi tahu kita bahwa intimidasi tidak harus keras atau terbuka:

    "Beberapa jenis pelecehan verbal yang paling buruk adalah diam; keheningan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan atau komentar yang dibuat juga dapat mengemas pukulan keras yang lebih keras daripada kata-kata kasar. Keheningan secara efektif mengolok-olok dan mempermalukan."

Susan tidak pernah menjadi pengganggu fisik, tetapi dia menggunakan kekuatannya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya, tidak peduli siapa yang dia sakiti. Hal aneh yang memisahkannya dari jenis pengganggu yang digambarkan di atas adalah bahwa Susan berpikir dia melakukan hal-hal yang dia lakukan karena cinta. "Bagaimana lagi yang dipelajari seorang anak?" Tanyanya.

Seperti banyak pengganggu, Susan juga sesuai dengan diagnosis DSM-5 dari Narcissistic Personality Disorder . Begini cara Klinik Mayo fakultas menggambarkannya:

    "Gangguan mental di mana orang-orang memiliki perasaan yang meningkat akan kepentingannya sendiri, kebutuhan yang mendalam akan kekaguman dan kurangnya empati terhadap orang lain. Namun di balik topeng ultraspercayaan ini terletak harga diri yang rapuh yang rentan terhadap kritik sekecil apa pun."

Hubungannya mungkin jelas, tetapi saya hanya akan mengatakannya: Seseorang dengan rasa kepentingan yang meningkat, kebutuhan mendalam akan kekaguman, dan kurangnya empati terhadap orang lain, dan yang juga rentan terhadap kritik, dapat, dalam keadaan yang tepat, jadilah pelaku intimidasi yang berupaya mendapatkan caranya sendiri melalui perilaku agresif, mengancam, dan menyakitkan terhadap mereka yang memiliki kekuatan lebih kecil.

Pengganggu bisa perempuan maupun laki-laki, perempuan semudah laki-laki. Mereka bisa menjadi orang tua , saudara kandung, teman sekelas, guru, teman satu tim, pelatih, kolega, dan bos. Kita tahu bahwa orang tua dapat menggertak anak-anak mereka, tetapi anak-anak juga bisa menggertak orang tua. 

Salah satu kesulitan dengan pelaku intimidasi adalah mereka sering memulai dengan lebih banyak kekuatan karena mereka lebih besar, lebih kuat, atau dalam posisi otoritas. Mereka juga menyedot kekuatan dari semua orang di sekitar mereka, sehingga kekuatan mereka tampaknya tumbuh ketika kekuatan korban mereka berkurang.

Tetapi mereka tidak terkalahkan dengan cara apa pun. Anak-anak diajarkan untuk pergi ke orang dewasa lain untuk mendapatkan bantuan dengan pelaku intimidasi. Orang dewasa secara historis beralih ke atasan atau perwakilan serikat pekerja ketika berhadapan dengan pelaku intimidasi di tempat kerja. Tetapi kepada siapa Anda berpaling ketika pelaku intimidasi adalah orang dewasa dengan sebagian besar kekuatan di rumah Anda, lingkungan kerja, atau di tempat lain?

Pengganggu hanya sekuat yang kita izinkan. Kisah Daud dan Goliat adalah contoh klasik tentang yang lemah menaklukkan yang kuat, tetapi mengambil kekuasaan dari mereka tidak selalu sesederhana kelihatannya. Dalam bukunya David and Goliath: Underdogs, Misfits, dan Art of Battling Giants, Malcolm Gladwell menawarkan contoh bagaimana ini bisa terjadi. Tidak semua orang menyukai buku ini, tetapi gagasan di baliknya — bahwa kekuatan nyata seorang pengganggu juga bisa menjadi kehancurannya — patut dipertimbangkan.

Saran-saran berikut datang dari otoritas terkemuka tentang masalah ini:

1. Jadilah Percaya Diri.

Blogger PT Amy Cooper Hakim memberi tahu kami, “Pengganggu kehilangan kekuatan mereka jika Anda tidak gemetar. Jauh di lubuk hati, mereka ragu mereka pantas mendapatkan rasa hormat Anda. Mereka mengagumi Anda karena berbicara dengan keyakinan diri dan kepercayaan diri. Jadi ketika mereka membombardir, jangan membalas. Sebaliknya, menangkan mereka dengan sikap Anda yang kuat, tegas, dan sopan. "

2. Tetap Terhubung.

Blogger blogger Signe Whitson menulis, “Pengganggu beroperasi dengan membuat para korban merasa sendirian dan tidak berdaya. Anak-anak merebut kembali kekuatan mereka ketika mereka menjalin hubungan dengan teman-teman yang setia dan orang dewasa yang mendukung. ”

3. Gunakan Bahasa Sederhana dan Tidak emosional.

Whitson juga menulis bahwa tanggapan tegas , tetapi tidak emosional membiarkan pelaku intimidasi “tahu bahwa korban tidak berniat untuk menjadi korban. Itu tidak mencari pengampunan , tetapi juga tidak menimbulkan tantangan. ”(Karena tantangan memberi pengganggu perhatian dan rasa kekuasaan yang dia cari.)

4. Tetapkan Batas.

Chrissy Scivicquemenulis, “Caranya adalah tetap sopan dan profesional sambil tetap menetapkan batas Anda dengan tegas. Jangan biarkan si pengganggu masuk ke dalam kulit Anda — itulah yang dia inginkan. Latih respons Anda sehingga Anda siap saat lain kali terjadi sesuatu dan Anda dapat merespons dengan cepat tanpa menjadi emosional. Jaga agar tetap sederhana dan jelas, misalnya: 'Saya rasa nada bicara Anda tidak sesuai.' "

5.  Bertindak cepat dan konsisten.

Lebih lanjut Whitson memberi tahu kita, “Semakin lama seorang pelaku intimidasi memiliki kekuasaan atas seorang korban, semakin kuat tahanan itu. Seringkali, intimidasi dimulai dalam bentuk yang relatif ringan — pemanggilan nama, ejekan, atau agresi fisik ringan . Setelah pelaku intimidasi menguji air dan memastikan bahwa seorang korban tidak akan memberi tahu orang dewasa dan membela hak-haknya, agresi memburuk. ”

6.  Pukul ketika setrika dingin.

Terkadang yang harus Anda lakukan dengan pelaku intimidasi adalah menunggu sebentar. Alih-alih bertukar permusuhan, mundurlah sehingga Anda tidak merespons pada saat panas dan bertemu mereka di tingkat mereka sendiri. Kepala dingin menemukan solusi lebih mudah daripada yang panas. Selain itu, jika Anda mundur, mereka mungkin melakukan pekerjaan kotor untuk Anda. Rikki Rogers menulisbahwa, dalam kasus pengganggu yang menggunakan media sosial untuk tujuan negatif, “Jangan pernah mengganggu musuh saat dia sedang dalam proses menghancurkan dirinya sendiri. Inilah yang dilakukan pelaku intimidasi Anda: menandai dirinya dengan bendera merah besar. Kita mungkin hidup di dunia yang dibanjiri sepenuhnya dengan media sosial, tetapi semua organisasi (dan orang-orang) yang benar-benar profesional memahami bahwa ini bukan cara dewasa dalam bertindak di tempat kerja. Jadi abaikan saja. Jika pengganggu Anda terus melakukannya, Anda tidak akan mengkhawatirkannya lama. "

Jadi apa yang dapat Anda lakukan tentang pelaku intimidasi dalam hidup Anda?

Setiap saran ini mungkin tidak berhasil untuk Anda, tetapi jangan menyerah harapan jika Anda mencoba sesuatu dan tidak ada yang terjadi segera. Anda harus terus melakukannya, dan tetap konsisten. Anda juga dapat mencoba menggabungkan beberapa saran. Itulah yang dilakukan keluarga Susan. Putrinya memanggil ayah dan kakaknya dan bertanya apakah mereka bisa berkumpul untuk berbicara. Butuh kerja, tetapi mereka berdua akhirnya setuju. Dia bertanya apakah mereka bisa mendekati Susan dengan permintaan yang sangat spesifik. "Itu hanya akan berhasil jika kita semua berdiri bersama, dan jika kita berdiri teguh," katanya. “Kami juga harus tetap tenang tentang hal itu, dan kami harus berharap untuk gagal beberapa upaya pertama. Tapi mungkin kita bisa berkumpul setelahnya untuk berbicara dan menjaga diri kita sendiri? "

Ayahnya khawatir mereka bersekongkol dengan Susan, tetapi putrinya berkata, “Aku tidak ingin menghabiskan sisa hidupku dengan tidak berbicara dengan Ibu. Tapi saya tidak bisa terhubung kembali sendiri. "

Satu-satunya hal yang mereka putuskan untuk fokuskan? Bahwa Susan tidak memanggil mereka nama yang jahat ketika dia berbicara dengan mereka. "Itu menyakitkan dan merendahkan," kata sang putri ketika mereka akhirnya memiliki pertemuan keluarga. "Ya," kata kakaknya. “Aku tidak tahu apakah kamu benar-benar berpikir aku idiot, tetapi sepertinya kamu memang bodoh. Jadi begitulah cara saya bertindak. "

Susan marah, kesal, dan tidak baik selama pertemuan pertama. Dia melemparkan penghinaan pada mereka semua dan menulis mereka email jahat ketika pertemuan selesai. Tetapi mereka bertahan, dan setelah beberapa upaya, dia akhirnya menyetujui satu permintaan. "Aku tidak ingin menyakiti siapa pun," katanya dengan air mata. "Tapi aku ingin kau mengingatkanku. Bisakah kamu melakukannya dengan baik? ”

Susan tidak berhenti menjadi pelaku intimidasi setelah "intervensi" ini, tetapi akibatnya rasa percaya diri anggota keluarganya tumbuh subur. Putrinya mulai memiliki lebih banyak kontak dengan keluarga dan untuk mendapatkan dukungan dari koneksi keluarga besar lainnya. mendukung, putranya pergi ke terapi dan akhirnya kembali bekerja.Dan suaminya menemukan bahwa dia juga dapat memiliki hubungan yang lebih baik dengan Susan ketika dia menolak untuk menerima kekesalannya sebagai hal yang tak terhindarkan dan tidak dapat diubah.