Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Arti Lambang Gerakan Pramuka Berdasarkan SK Kwarnas

Lambang pramuka adalah simbol atau tanda pengenal dalam organisasi gerakan pramuka yang bersifat tetap, lambang gerakan pramuka ini dibuat olah tokoh gerakan pramuka yaitu soenardjo atmodipurwo yang merupakan pegawai tinggi departemen pertanian.

Lambang gerakan pramuka ini pertama kali digunakan pada tanggal 14 agustus 1961 pada saat itu presiden indonesia Ir. Soekarno memberikan penganugrahan panji gerakan Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia kepada oranisasi Gerakan pramuka hal ini ditengarai dengan keluarnya SK presiden atau surat keputusan presiden republik indonesia no 448 tahun 1961.

Penjelasan Lengkap Arti Lambang Gerakan Pramuka

Bentuk Lambang Dari Gerakan Pramuka 

Lambang gerakan pramuka berbentuk bayangan atau silhoutte tunas kelapa, penjabaran dan penjelasan mengenai arti lambang pramuka ini telah ditetapkan dengan SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 mengenai arti lambang dari pramuka dan telah mendapat hak paten.

Hak paten lambang pramuka berasal dari Dirjen Hukum perundang - undangan kehakiman dengan surat keputusan No 178518 tanggal 18 oktober 1983 No 176634 dan tanggal 22 oktober 1983 mengenai hak paten untuk gambar tunas kelapa dilingkari padi dan kapas serta surat keputusan No 176517 mengenai hak paten tulisan pramuka.

Penggunaan Lambang Gerakan Pramuka

Penggunaan lambang pramuka pada umumnya sebagai lencana, dan sebagai tanda - tanda, bendera, papan nama, alat administrasi pramuka dan lain - lain sesuai yang diatur dalam petunjuk penggunaan.

Penggunaan lambang gerakan pramuka tersebut bertujuan sebagai alat pendidikan bagi seluruh anggota pramuka untuk mengingatkan dan menanamkan sifat dan prilaku seperti makna dan arti yang terkandung dalam lambang gerakan pramuka yaitu tunas kelapa.

Setiap anggota dari gerakan pramuka diharapkan dapat dan mampu mengamalkan dan mengaplikasikan teknologi dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat yang ada di sekitarnya. Sebab para generasi muda yang berkumpul dan tergabung dengan geraka  pramuka diharapkan untuk mampu menjadi kader pembangunan pada masa yang akan datang

Arti Lambang Gerakan Pramuka

1. Nyiur atau buah kelapa yang dalam keadaan tumbuh bermakna cikal

Arti buah kelapa atau nyiur yang sedang tumbuh secara istilah berakna cikal bakal yang berarti penduduk yang menurunkan generasi baru jadi dengan demikian makna kiasan dari buah kelapa yang sedang tumbunh adalah setiap pramuka merupakan unsur utama bagi kelangsungam hidup negara indonesia.

2. Buah kelapa dapat bertahan dalam keadaan apapun

Dapat dikatan lambang pramuka juga bermakna setiap anggota pramuka adalah sosok yang kuat, ulet memiliki rohaniah dan jasmania yang kuat serta memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi setiap halangan dan rintangan hidup dan siap dalam menempuh ujian demi mengabdi kepada bangsa negara indonesia.

3. Buah Kelapa dapat tumbuh dimanapun

Buah kelapa dapat tumbuh dimanapun hal ini membuktikan besarnya daya dan upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaanya di sekitarnya, jadi buah kelapa pada lambang pramuka melambangkan setiap anggota pramuka mampu beradaptasi dimanapun dia berada dan dalam situasi apapun.

5. Buah kelapa tumbuh menjulang tinggi ke atas

Bentuk pohon kelapa yang menjulang tinggi ke atas hal ini dapat di artikan bahwa setiap anggota pramuka harus memiliki cita - cita yang tinggi dan lurus, mulia, jujur dan tetap tegak dan tak mudah terombang - ambing oleh kedaan.

6. Semua bagian dari pohon kelapa dapat berguna

Pohon kelapa yang dapat digunakan semua bagianya hal ini melambangkan semua anggota pramuka adalah sosok yang berguna bagi bangsa, agama, bangsa, dan tanah air serts dapat menjadi panutan dalam masyarakat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai makna dan arti lambang gerakan pramuka, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasaj kita.