Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Makna Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Pancasila adalah ideologi dasar yang menjadi dasar negara bagi Republik Indonesia. Ini adalah konsep inti yang membimbing pembangunan negara dan masyarakat Indonesia. Pancasila berakar dalam nilai-nilai, prinsip, dan filosofi yang mencerminkan identitas dan karakter bangsa Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, di mana "Panca" berarti lima, dan "Sila" berarti prinsip atau asas. Terdapat lima sila dalam Pancasila:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa (Pancasila Pertama): Prinsip ini mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Meskipun Indonesia adalah negara dengan berbagai agama, Pancasila menekankan pentingnya keimanan kepada Tuhan dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Pancasila Kedua): Pancasila menegaskan perlunya menghargai martabat dan hak asasi manusia. Prinsip ini mendorong kesetaraan, keadilan, dan perlindungan terhadap semua warga negara.
  3. Persatuan Indonesia (Pancasila Ketiga): Prinsip ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam keragaman budaya, agama, dan suku bangsa. Ini menekankan pentingnya menjaga integritas dan kedaulatan negara.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan (Pancasila Keempat): Prinsip ini menggarisbawahi pentingnya demokrasi dan partisipasi rakyat dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Hal ini juga mencakup prinsip supremasi hukum.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Pancasila Kelima): Prinsip ini menekankan perlunya distribusi kekayaan dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini mencerminkan tujuan mencapai keadilan sosial dan mengatasi kesenjangan ekonomi.

Ideologi Pancasila adalah dasar bagi konstitusi Indonesia dan menjadi landasan bagi pembentukan undang-undang, kebijakan, dan tata pemerintahan di negara ini. Pancasila juga menjadi panduan moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Hal ini mencerminkan tekad untuk menciptakan negara yang bersatu, adil, demokratis, dan berkeadilan sosial. Pancasila dipahami sebagai prinsip-prinsip yang menghubungkan keberagaman budaya dan agama di Indonesia dengan identitas nasional yang kuat.

Asal Kata Pancasila

Asal kata pancasila, pancasila berasal dari bahasa sanskerta panca yang memiliki arti lima (5) dan sila yang memiliki arti asas atau prinsip dasar, jadi dapat dikatan pancasila merupakan sebuah rumusan dasar atau pedoman dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga negara indonesia.

Terdapat lima sendi yang menjadi susunan pancasila pertama ketuhanan yang maha esa, kedua kemanusiaan yang adil dan beradap, ketiga persatuan indonesia, ke emapat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan yang ke lima keadilan bagi seluruh rakyat indonesia. Lima sila dalam pancasila tersebut juga tercantum pada paragraf ke 4 dalam UUD 1945 (Undang - Undang Dasar 1945)

Lima sila -sila dalam pancasila masing - masing memiliki lambang dan makna tersendiri, lima lambang atau simbol dalam pancasila ini digambarkan dari sila pertama yaitu bintang, sila kedua rantai, sila ketiga pohon beringin, sila keempat kepala banteng dan sila kelima padi dan kapas, untuk lebih jelasnya mari kita bahas arti lambang pancasila dari sila ke 1 sampai sila ke 5 tersebut.

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 1 (satu)

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Sila yang ke 1 atau pertama adalah ketuhanan yang maha esa yang dilambangkan dengan bintang berwarna emas dan memiliki 5 sudut serta berlatar belakang hitam, bitang emas memiliki arti tuhan yang maha esa sebagai cahaya bagi semua kehidupan manusia dan semua makhluknya.

Lambanng bintang emas bisa juga memiliki arti sebuah cahaya yang menerangi dasar negara seperti yang tertulis Pada pembukaan UUD 1945 alenia 4, sifat negara seperti yang tertulis pada pembukaan UUD 1945 alenia 2 dan tujuan negara seperti yang tertulis pada pembukaan UUD 1945 alenia 4.

Warna latar belakang bintang emas yang berwarna hitam mengandung arti bahwa rahmat Allah adalah sumber dari segala hal.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 2 (dua)

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5


Bunyi dari sila ke dua pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab, yang dilambangkan dengan tali rantai berbentuk bulat dan persegi empat yang saling berkaitan satu sama lain dan latar yang berwarna merah serta letaknya pada bagian kiri bawah prisai pancasila.

Galang rantai persegi melambangkan seoarang pria dan bentuk lingkaran melambangkan wanita, bentuk rantai yang saling berkaitan bermakna hubungan antara manusia baik pria dan wanita saling membantu satu sama lain dan bersatu.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 3 (tiga)

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Bunyi sila ketiga dari pancasila adalah persatuan indonesia, pada sila ketiga ini dilambangkan dengan pohon beringin dengan latar belakang putih letaknya pada sebalah kiri atas prisai.

Pohon beringin sangat terkenal dengan betuknya yang besar dan rindang sehingga pohon lambang pohon beringin pada sila ke 3 ini memiliki arti mencerminkan bangsa indonesia yang dapat dijadokan tempat berteduh bagi seluruh rakyat indonesia.

Selain besar dan rindang pohon beringin juga memiliki akar tunjang ( akar tunggal yang menacab dalam ke bawah tanah ) yang berarti mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, selain akar tunjang tadi pohon beringin juga memiliki banyak akar yang bergelantungan dari ranting - rantingnya karennya hal ini juga dapat di artikan negara indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki berbagai macam latar belakang suku, agama dan budaya yang berbeda - beda tiap daerahnya dimulai dari sabang sampai merauke.

Arti Lambang Pancasila Sila Ke 4 (empat)

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Bunyi sila ke empat dari pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, sila ke empat pancasila ini dilambangkan dengan kepala banteng dengan latar belakang merah serta terletak pada kanan atas perisai.

Makna dari lambang ini adalah banteng merupakan hewan sosial kuat dan suka berkumpul membetuk kelompok, hal ini memcerminkan bangsa indonesia
Harus sering berkumpul dan bermusyawarah dalam mendiskusikan sesuatu dalam mengambil keputusan.

Makna lambang pancasila sila ke 5 (lima)

Arti Lambang Pancasila Dari Sila ke 1 Sampai sila ke 5

Bunyi sila ke lima dari pancasila adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang dilambangkan dengan padi dan kapas dan terletak pada bagian kanan bawah perisai dengan latar yang berwarna putih.

Makna dari lambang ini adalah padi dan kapas merupakan salah satu kebutuhan pokok atau utama bangsa indonesia tanpa memandang statusnya, padi dapat di artikan melambangkan makan pokok / kebutuhan pokok dan kapas dapat diartikan melambangkan kebutuhan sandang/pakaian sehingga kita dapat simpulkan lambang padi dan kapas ini mencerminkan persamaan sosial bagi bangsa indonesia sehingga tidak ada kesenjangan ekonomi dan sosial antara satu dengan lainya.

Itulah sedikit ulasan mengenai arti lambang pancasila dari sila ke 1 sampai sila ke 5, semoga dapat  bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita mengenai makna lambang sila - sila dalam pancasila.