Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Manfaat Puzle Bagi Tumbuh Kembang Anak

9 Manfaat Puzzle Bagi Anak - Anak

Istilah puzzle awalnya berasal dari kosa kata bahasa Perancis Kuno yaitu Aposer, yang dalam bahasa Inggris Kuno lalu dirubah menjadi Pose atau Pusle yang kemudian berubah jadi puzzle.

Permainan ini awalnya ditemukan John Spilsbury yaitu seorang pembuat peta sekaligus pemahat asal Inggris.

Awalnya John Spilsbury membuat peta yang bagian-bagiannya dipotong berdasar garis wilayah sebuah tempat dan negara-negara di berbagai benua.

Ketika itu John Spilsbury membuat delapan seri puzzle peta: Asia, Eropa, Afrika, Amerika, Inggris, Skotlandia, dan Wales untuk pelajaran geografi anak-anak sekolah.

Puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang didalam nya ada kegiatan membongkar dan menyusun kembali kepingan-kepingan satu gambar menjadi bentuk gambar yang utuh.

Manfaat Puzzle Kayu untuk Anak-Anak

Puzzle kayu adalah alat pembelajaran penting yang dapat digunakan anak-anak untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan anak. Berikut ini hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat yang dapat diperoleh saat menggunakan alat pembelajaran puzzle ini.

1. Puzzle adalah Alat Pembelajaran yang Dapat Memperbaiki Diri

Ketika Anak-anak mencoba untuk menempatkan potongan puzzle di tempat itu hanya akan cocok jika ditempatkan dengan benar di ruang yang tepat. Tindakan memanipulasi setiap bagian, memutarnya dan menguji kecocokan, adalah cara anak-anak belajar memecahkan masalah dan mengembangkan pemikiran kritis.

2. Keterampilan Bahasa

Puzzle menawarkan anak-anak kesempatan untuk mengembangkan banyak keterampilan bahasa. Ketika seorang anak meminta bagian tertentu, mereka akan sering menggambarkan apa yang mereka cari. Misalnya, potongan bundar, potongan bergelombang, dll. puzzle sering digunakan ketika bekerja dengan anak-anak autis yang memiliki kemampuan bicara yang tertunda sebagai alat yang menyenangkan untuk mendorong mereka berbicara.

3. Keterampilan Matematika

Puzzle Juga mengajarkan anak-anak beberapa konsep matematika dasar. Saat bekerja dengan puzzle, anak-anak belajar mengategorikan dan mengatur potongan sambil melakukan itu mereka dapat mengklasifikasikan dan memberi label potongannya juga.

4. Koordinasi Mata dan Tangan

Puzzle membangun koordinasi mata dan tangan. Kemampuan untuk mengoordinasikan apa yang dilihat mata, yang ingin dilakukan oleh pikiran, dan apa yang dapat dilakukan oleh tangan membutuhkan banyak latihan. Teka-teki menawarkan cara yang menyenangkan untuk melatih keterampilan ini sambil mendorong kemandirian.

5. Mengasah Kemampuan Motorik Baik

Puzzle menawarkan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus. Anak-anak perlu mengembangkan kekuatan pada otot-otot di jari-jari mereka sehingga mereka dapat memegang sesuatu dan memegangnya. Ini nantinya akan memberi mereka kemampuan untuk memegang pensil.

6. Keterampilan Sosial

puzzle Juga menawarkan peluang untuk memperluas keterampilan sosial. Ketika anak-anak bekerja secara kooperatif untuk menyelesaikan puzzle mereka terlibat dalam percakapan. Mereka mengembangkan rencana untuk memecahkan teka-teki, mereka bergiliran dan saling membantu memecahkan masalah saat mereka muncul.

7. Mengembangkan Kegigihan

Ketika seorang anak mengerjakan puzzle sampai selesai, anak tersebut mengembangkan kegigihan. Setelah puzzle dipecahkan, anak dapat merasakan rasa pencapaian yang meningkatkan kemandirian dan harga dirinya.

8. Berpikir Adaptable dan Abstrak

Anak-anak menggunakan pemikiran yang dapat beradaptasi dan keterampilan penalaran deduktif ketika mereka menemukan cara yang berbeda untuk menyatukan potongan-potongan itu. Mereka mendapatkan kemampuan untuk berpikir secara abstrak ketika mereka dapat melihat ruang negatif, seperti ruang tempat potongan puzzle cocok, dan mencari tahu jenis bentuk apa yang dibutuhkan untuk mengisi ruang itu.

9. Memacu Imajinasi dan Kreativitas

Bermain dengan puzzle mosaik mendorong imajinasi dan kreativitas. Warna dan bentuk potongan mosaik berfungsi untuk merangsang sel-sel otak dan mendorong minat berkepanjangan saat mengatur potongan-potongan dalam desain yang tak ada habisnya.

Itulah 9 manfaat puzzle bagi anak - anak semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita