Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Ibu

Contoh Ceramah Singkat Ibu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Puji syukur teruntuk Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan kehidupan kepada kita semua, termasuk di dalamnya nikmat Islam dan nikmat iman. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang yang bisa mensyukuri nikmati yang diberikan Allah SWT. Sholawat serta salam, kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Saudara-saudara semua yang berbahagia.

Bersamaan dengan hari ini, pada kesempatan kultum singkat tentang ibu ini, saya akan menjabarkan mengenai satu kata yang kita kenal semua, yaitu: “IBU”!

Al-Quran telah menjelaskan tentang posisi ibu yang sangat mulia. Bahkan, ada pelarangan seseorang menyakiti perasaan ibunya. Jangankan menyakiti, kita pun tidak diizinkan untuk mengeluarkan kata “ah” – lebih-lebih jika kita membentaknya. Pada dasarnya, ridho Allah itu bergantung dari ridhonya ibu.

Karena pada dasarnya, ridho Allah tergantung ridho ibunya. Maka dari itu, mulai saat ini hendaknya kita menghormati dan memperlakukan ibu dengan baik. Hal ini dikarenakan ibu telah bersusah payah mengandung kita selama sembilan bulan sepuluh hari. Ia juga melahirkan kita dengan taruhan nyawa.

Tidak hanya itu, kultum tentang ibu ini menyebutkan bahwa pasca-melahirkan seorang ibu akan memberikan kasih sayang tak terhingga kepada anaknya, yaitu kita. Itu dilakukannya tanpa pamrih. Itulah kenapa ada istilah “Kasih Ibu Sepanjang Masa, Kasih Anak Sepanjang Galah”.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika surga terletak dibawah telapak kaki ibu, karena sebelum kita bisa seperti sekarang ini, ibulah yang telah melakukan semua-muanya untuk kita. Jadi, wajib bagi kita untuk berbuat ibu hingga ajal menjemput nanti.

Demikian, kultum pendek soal ibu yang bisa disampaikan. Semoga apa yang termaktub dalam ceramah kali ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh.