Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Teks Pidato Tentang Memerangi Narkoba

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati para hadirin sekalian.

Pertama – tama, marilah kita panjatkan puji syukur akan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul di waktu yang berbahagia ini. Kemudian, mari kita panjatkan shalawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW. Dialah yang membawa keindahan islam dalam diri kita. Dengan ajarannya, kita bisa terbebaskan dari kekufuran, kejahiliyahan dan kehinaan.

Jangan lupa, kita panjatkan shalawat dan salam pada keluarga-Nya, para sahabat serta pengikut-Nya hingga akhir jaman.

Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah pengguna narkoba di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan adanya penegakan hukum yang lemah. Bahkan pengedar narkoba dari luar negeri juga bekerjasama dengan warga negara Indonesia sehingga mendapatkan keuntungan berlimpah.

Padahal seperti yang diketahui, penyalahgunaan narkotika dan obat – obatan terlarang lainnya memiliki dampak yang buruk. Imbasnya bukan hanya masalah kesehatan, tapi juga perubahan tingkah laku, menurunya produktivitas kerja secara drastis. Bahkan tindakan menyimpang, seperti kekerasan, kriminalitas dan lagi sebagainya.

Penyalahgunaan obat – obatan terlarang bisa dicegah melalui program – program yang baik dan bermanfaatkan, mulai dari mengikuti kegiatan sosial, menjauhi para pengguna, hingga tidak terpengaruh ajakan atau rayuan teman untuk menggunakan narkoba.

Mirisnya lagi, pengguna narkoba di Indonesia terbesar dilakukan oleh para remaja dan anak sekolah. Oleh karena itu, sekolah juga harus senantiasa memberikan penyuluhan kepada muridnya akan bahaya dan dampak penggunaan narkoba.

Penyuluhan tersebut bisa melalui Guru BP atau mengadakan diskusi bersama yang mengikutsertakan para siswa untuk mencegah narkoba bisa masuk ke dalam lingkup sekolah. Dengan menyertakan para siswa dalam perencanaan tersebut, mereka akan lebih mengerti dan hasilnya juga lebih memuaskan.

Program lainnya untuk memerangi narkoba adalah waspada akan narkoba. Sekolah bisa mengadakan razia dadakan. Namun hal terpenting adalah selalu waspada akan tamu tak dikenal dan serta identifikasi ciri – ciri siswa yang menggunakan narkoba.

Pasalnya, seringkali para pengedar dan pengguna obat – obatan terlarang tahu akan berbagai program memerangi narkoba yang ada di sekolah. Tentu saja, dengan mudahnya mereka bisa mengatasinya dengan sebaik mungkin.

Namun berbagai cara yang mereka lakukan, kita juga harus optimis bahwa narkoba bisa dicegah. Kalau bisa diminimalisir apapun caranya. Adapun cara – cara yang bisa kita terapkan adalah memberikan fasilitas terbaik untuk siswa, menumbuhkan moral dan paling penting buat siswa nyaman selama belajar di sekolah.

Sekian pidato singkat yang bisa saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya minta maaf sebesar-besarnya. Untuk perhatiannya, saya haturkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.