Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Pentingnya Pendidikan Moral

Teks pidato persuasif tentang pentingnya pendidikan moral

Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera buat kita semua, Shalom, Om Swastyastu, Namo Buddhaya.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini dan memahami arti penting sebuah pendidikan moral. Pertemuan kali ini, diharapkan bisa lebih membangun moral dan karakter generasi muda sekarang. Seperti yang sudah diketahui di berbagai media, banyak terjadi tindakan anarki, seperti perampokan, pencurian, tawuran antar pelajar hingga pembunuhan. Sebagai generasi muda, kalian seharusnya ikut turut serta mengurangi tindakan kriminalitas tersebut.

Caranya dengan semakin memperkokoh dan menggalakkan pendidikan moral kepada anak cucu bangsa ini. Sebab, merubah generasi yang lebih muda masih lebih mudah dibandingkan merubah mindset generasi yang sudah terlanjur tua.

Jadi, Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian, pendidikan moral harus diajarkan sejak dini. Anak-anak Anda adalah harapan masa depan bangsa ini. Orang tua memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pendidikan moral.

Cara paling mudah dimulai dari diri Anda. Berikan contoh suatu keteladanan dan kedisiplinan. Anak akan selalu menirukan apa yang mereka lihat. Cara lainnya dengan menceritakan berbagai cerita yang memiliki moral. Contohnya, cerita Maling Kundang, yang didalamnya berisikan bahwa menghormati orang tua sangat penting dilakukan. Anda juga bisa menggunakan cerita luar negeri juga, seperti Tikus dan Burung Hantu yang memiliki pesan jangan pernah mengambil sesuatu yang bukan hak kita. Dengan melakukan berbagai kegiatan di atas, anak-anak akan mendapatkan banyak sekali pendidikan moral.

Itulah sedikitnya pidato dengan tema pendidikan dari saya mengenai arti penting pendidikan moral. Apabila ada kesalahan dalam berucap dan tingkah laku, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.