Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Pengertian Kepramukaan

Pengertian Kepramukaan

SEKILAS GERAKAN PRAMUKA

Pengertian Kepramukaan

Kepramukaan pada hakekatnya adalah :
  • Suatu proses  pendidikan  dalam bentuk  kegiatan  yang menyenangkan  bagi anak dan pemuda di bawah tanggungjawab  orang dewasa;
  • Yang  dilaksanakan   di  luar  lingkungan   pendidikan   sekolah  dan  di  luar  lingkungan pendidikan keluarga dan di alam terbuka;
  • Dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Sifat Kepramukaan

Berdasarkan  resolusi Konferensi Kepramukaan  Sedunia tahun 1924 di Kopenhagen,  Denmark, maka kepramukaan mempunyai tiga sifat atau ciri khas, yaitu :
  • Nasional,  yang  berarti  suatu  organisasi  yang  menyelenggarakan  kepramukaan  di  suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Internasional,  yang berarti bahwa organisasi kepramukaan  di negara manapun di dunia ini harus  membina  dan  mengembangkan   rasa  persaudaraan  dan  persahabatan  antara sesama Pramuka dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa.
  • Universal,   yang  berarti  bahwa  kepramukaan   dapat  dipergunakan   di  mana  saja  untuk mendidik  anak-anak  dari  bangsa  apa  saja,  yang  dalam  pelaksanaan  pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Fungsi Kepramukaan

Dengan landasan uraian di atas, maka kepramukaan mempunyai fungsi sebagai :

1. Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda

Kegiatan menarik di sini dimaksudkan  kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan.  Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan sekadar main-main,  yang hanya bersifat hiburan saja, tanpa aturan dan tujuan, dan tidak bernilai pendidikan. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

2. Pengabdian bagi orang dewasa
Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban  untuk  secara  sukarela  membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

2. lat bagi masyarakat dan organisasi
Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat,  dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai  tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang  diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.