Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Pidato Ucapan Terima Kasih Untuk Guru


Contoh Pidato Perpisahan Seorang Murid untuk Guru

Contoh Pidato Perpisahan Seorang Murid untuk Guru – Contoh pidato ini adalah untuk acara perpisahan sekolah dari seorang murid kepada gurunya.

*********

Contoh 1

Assalam mu alaikum wr. Wb

Alhamdulillah hi robbil alamin segala puji bagi Allah yang pada hari ini, kita semua masih diberiikan rahmat serta kasih sayangNya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini .
Shalawat beriring salam tidak lupa kita sanjungkan kepada baginda Rasullah, Muhammad SAW, yang telah rela mengorbankan hartanya, perasaannya bahkan mempertaruhkan nyawanya, demi tegaknya kalimah Laillah ha illallah. Marilah kita memperbanyak shalwat kepadanya semoga kita mendapatkan syafaatnya kemudian hari. Amin.

Yang saya hormati bapak kepala sekolah serta para dewan guru yang selalu setia membimbing kami.
Dan yang saya sayangi teman teman sekalian.

Pada hari ini izinkanlah saya sejenak, menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan mewakili teman teman.

Bapak kepala sekolah serta dewan guru yang saya hormati.

Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi kami selaku murid murid mu, hari ini kita akan berpisah. Tidak ada lagi kami dengar suara lembutmu saat mengajari kami menulis, atau senyum ikhlasmu ketika kami keliru.
Namun, walau demikian engkau tetaplah guru kami, semua nasehat yang engkau berikan akan selalu kami ingat serta kami amalkan. Kemanapun kami pergi nantinya, engaku selalu ada di hati kami.

Guruku.
Hari ini kami akan berpisah denganmu, terima kasih atas segala yang telah kau berikan pada kami, terima kasih karena engkau dengan tulus mengajari kami, terima kasih pula karena engkau degan ikhlas membimbing kami. Kami menyadari bahwa kami tidak akan mampu membalas segala jasamu, tapi kami yakin bahwa Allah telah memberikan pahala yang besar kepadamu. Setiap peluhmu akan diganti Allah dengan pahala, setiap kesabaranmu telah dicatat Allah sebagai amal yang akan membawamu kedalam surganya. Surga firdaus.

Karena kata baginda Rosullah, ada tiga orang yang amalnya tidak putus putus, salah satunya adalah orang yang mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Dan engkau adalah satu di antaranya.

Bapak kepala sekolah serta dewan guru yang sangat kami cintai.
Pada hari ini pula, kami memohon maaf atas segala salah dan khilaf kami pada mu. Kami menyadari sebagai murid kami sering membuat dirimu harus banyak banyak bersabar karena tingkah kami, bahkan tanpa kami sadari , kami juga sering menyakitkan hatimu yang mulia.

Guruku.
Kami tidak ingin menjadi anak yang durhaka, maka sekali lagi kami memohon dengan hati yang tulus agar sudi kiranya engkau memaafkan kesalahan murid muridmu ini.
Dan kami menyadari sebagai manusia engkau juga tak luput dari salah dan khilaf kepada kami, tapi Engaku tak perlu gelisah jauh sebelumnya telah kami maafkan, tak ada sedikitpun perasaan sakit di hati kami kepadamu, yang ada justru sebaliknya di hati kami hanya ada perasaan cinta kepadamu.

Guruku.
Esok kita tidak lagi belajar sebagaimana biasanya, kami akan pergi meninggalkan sekolah yang penuh kenangan ini. Walau demikian, kami memohon kepadamu bila di luar sana nanti engkau melihat kami keliru, tegurlah kami. Ingatkanlah kami agar selalu di dalam jalan kebenaran.

Bapak kepala sekolah serta dewan guru yang selalu di rahmati Allah.
Kami yang hadir disini, mempunyai cita cita masing masing. Ada yang mau jadi dokter, polisi bahkan tidak sedikit yang ingin jadi guru. Untuk itu kami mohon kepadamu agar selalu mendoakan kami agar kami bisa meraih cita cita yang kami impikan itu. Serta doakanlah pula agar kami bisa menjadi oarng orang yang bermanfaat bagi agama, bangsa dan Negara.

Guruku.
Kami berjanji akan selalu membuatmu bangga menjadi guru kami, saksikanlah kami nanti menjadi orang orang yang dicaintai banyak orang karena akhlak kami, di rindukan masyarakat karena ilmu kami.
Bapak kepala sekolah serta dewan guru yang selalu kami sayangi.
Hanya inilah yang dapat saya sampaikan, sebagai kata kata perpisahan saya mewakili teman teman. Semoga kita nanti bertemu kembali, walau di tempat dan waktu yang berbeda. Namun, masih ada cinta di sana.

Lebih dan kurang saya mohon maaf.
Billahi taufik wal hidayah.
Wassalamu alaikum wr.wb


*********

Contoh 2

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak Sutopo Slamet, S. Pd. M. M

Yang saya hormati pula bapak/ibu guru beserta staf/ karyawan SMP N 8 Purworejo.

Serta tak lupa teman-teman yang saya sayangi

Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkah karunia dan rahmat Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di hari yang cerah ini tanpa ada suatu aral apapun.

Sebelumnya perkenankanlah saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata salam perpisahan kepada bapak Sutopo Slamet, S. Pd. M. M. Seperti yang kita ketahui bahwa hari ini adalah hari dimana kita harus kehilangan sosok yang amat kita sayangi. Walau berat hati ini, namun kita tahu bahwa setiap ada perjumpaan pasti ada perpisahan, karenanya meski berat hati ini kami merelakan Bapak pindah tugas ke sekolah lain. Selain itu kami ingin mengucapkan terima kasih atas jasa bapak yang telah memimpin sekolah tercinta ini menuju perubahan yang lebih baik. Tak lupa kami memohon maaf sebesar-besarnya atas perbuatan-perbuatan kami yang kurang berkenan di hati bapak, selama memimpin SMP ini. Kami berharap setelah kepergian bapak nanti, tidak serta merta melupakan sekolah tercinta ini. Dan yang terakhir , kami mohon doa restu semoga setelah kepergian bapak , sekolah ini semakin sukses dan jaya.

Demikian sepatah dua patah kata yang dapat saya sampaikan , apabila terdapat banyak kekeliruan , saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.


*********

Contoh 3

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera saya ucapkan untuk kita semua,

Marilah kita bersama-sama bersyukur, Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT, Karena tanpa seizinnya kita tidak bisa berkumpul di tempat ini. Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW.


Yang terhormat kepala sekolah, bapak ibu guru beserta staf TU dan teman-teman yang saya banggakan. Bertepatan pada tanggal 25 November ini, saya akan berpidato mengenai sosok seorang guru.

Hadirin sekalian, sosok seorang guru sangat penting bagi kehidupan bangsa dan negara ini. Seperti yang kita ketahui bahwa guru merupakan pahlawan pendidikan yang berperan untuk membentuk serta mencetak anak-anak berprestasi, penerus masa depan bangsa.

Kehadiran guru sangat dibutuhkan dalam dunia ini. Tidak ada seorangpun yang sukses tanpa peran guru di belakangnya. Misalnya seorang dokter, pilot, penulis, nahkoda, bahkan presiden sekalipun merupakan hasil didikan seorang guru.

Hadirin sekalian,

Seorang guru memang memiliki keterbatasan dalam pendidikan serta mengejar kita. Namun mereka telah berusaha semaksimal mungkin agar kita menjadi manusia berguna di masa depan. Kita tidak bisa menukar apapun untuk menukar jasa mereka. Guru merupakan pelita cahaya yang menerangi kehidupan lewat ilmu pengetahuan yang mereka berikan dan ajarkan. Cahaya tersebut memberi harapan bagi para muridnya untuk menggapai cita-cita.

Teman-teman yang saya sayangi, sudah sepatutnya kita berbakti kepada seorang guru. Karena merekalah yang setiap hari berdiri di depan kita untuk mengajari ilmu pengetahuan, memberikan wawasan yang luas, memberikan penjelasan ketika di kelas, dan menjawab pertanyaan yang tidak kita pahami.

Guru terdiri dari 4 huruf yang memiliki makna besar. Begitu pentingnya sosok seorang guru bagi kehidupan. Mereka mendidik serta membangun karakter anak bangsa. Tepat di hari guru ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas segala jasa yang telah bapak ibu guru berikan kepada saya dan kita semua. Semoga kami bisa membalas jasa kalian semua.

Saya akhiri pidato ini, terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ***


*********

Contoh 4

Assalamualaikum wr. wb.
Yth. Bapak Kepala sekolah beserta wakil,Yth. Bapak dan Ibu guru serta teman-teman ku yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT,karena karunianya kita dapat berkumpul bersama.

Para hadirin yang saya hormati.

Izinkan saya untuk menyampaikan terima kasih kepada guru-guru saya,karena selama saya sekolah disini Bapak dan Ibu guru telah mengajarkan saya ilmu pengetahuan,budi pekerti dan keterampilan.Bapak dan Ibu guru telah mengajar saya dengan punah kesabaran dan kasih sayang.Saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru karena telah mengajarkan saya selama saya bersekolah disini.
Demikianlah pidato dari saya,maaf bila ada salah kata.

Wassalamualaikum wr. wb.