Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Kelas 5 Kunci Jawaban Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2



Sobat bertanyacara berikut adalah kunci jawaban dari Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, Semoga bermanfaat buat sobat semua, gunakan kunci jawaban ini sebagai referensi untuk mengreksi jawaban yang telah sobat buat ya. berikut adalah kunci jawabanya :

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempahrempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

Kunci Jawaban Halaman 2

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?

Jawaban : Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?

Jawaban : Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?

Jawaban : Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.