Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Cara Back Up Database Lokal ARKAS Online Kemdikbud

Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS apakah pernah mengalami komputer / laptop tempat meyimpan aplikasi ARKAS mati total dan masih belum melaukan singkron ataupun belum melakukan Back up data ?

Jika Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS pernah mengelami kejadian seperti disebutkan tadi maka kemungkinan semua data ARKAS akan hilang atau jika mengingikan data tersebut maka harus membongkar memindahkan data harddisk ke komputer/laptop baru sungguh meroptkan bukan. atau ada cara lebih mudah yaitu denan mengulang ARKAS dari awal lagi, nah, untuk mencegah hal itu terjadi berikut aistijournal akan membagikan cara untuk memback up lokal aplikasi ARKAS dari http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download. agar saat terjadi kejadin seperti diatas pada komputer atau laptop, data ARKAS dapat dipindah ke komputer/laptop lain tanpa harus bongkar - bongkar Hardisk dari laptop lama. Cara Back Up Database Lokal ARKAS bisa Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS download pada link ini  http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download

BACKUP DATABASE LOKAL

Proses Backup data ARKAS ini adalah proses atau cara memindahkan database ARKAS yang ada pada komputer kita (database lokal). dalam Proses pemindahan database ARKAS ini dapat dilakukan kapann saja sesuai dengan kebutuhan, tapi sebaikya kita melakukan back up database ARKS secara berkala setiap kali ada perubahan pada ARKAS dan meyimpanya pada memory yang aman.

1.    Backup Database

Berikut adalah langkah-langkah  untuk mengamankan database ARKAS:
  • Pertama adalah dengan Klik Kanan pada menu windows, Selanjutnya Buka windows explorer / File Explorer. (Lihat Gambar)
Backup Data Lokal ARKAS
  • Langkah Ke dua adalah dengan megetikan : %appdata% pada bagian direktorinya / pencarian (lihat gambar)

Backup Data Lokal ARKAS
  • klik  enter, setelah itu cari dan buka folder dengan nama berikut    : \ArtTech\RKAS (Lihat Gambar)
Backup Data Lokal ARKAS
  • File yang ditunjuk tanda panah merah itulah adalah file database lokal ARKAS. File itulah yang selanjutnya harus kita backup / simpan secara berkala.

2. Memindahkan Aplikasi ARKAS Ke Komputer Baru

Proses Pemindahan Database ARKAS ini tidak jauh berbeda dengan proses Backup diatas, karena ketika Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS akan memindahkan aplikasi ARKAS ke PC baru maka tahapan yang pertama dilakkan adalah mengbackup terlebih dahulu database ARKAS.
  • Setelah Back Up Database ARKA telah dilakukan maka selanjutnya Baru instal aplikasi ARKAS di Komputer yang baru. Setelah selesai mengistall ARKAS jangan dulu dijalankan ARKASnya, karena jika dijalankan, aplikasi ARKAS akan minta Nomor aktivasi baru.
  • langkah selanjutnya buka  File  Explorer lalu ketik :  %appdata%  pada direktorinya kemudian enter.
  • setelah langkah diatas selanjutnya buka folder berikut : \ArtTech\RKAS\.
  • Copykan atau tipakan database ARKAS yang sudahdi backup sebelumnya ke folder \ArtTech\RKAS\.
  • Setelah baru kita Buka ARKASnya.  Maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan meminta kita untuk melakukan aktivasi. user dapat langsung login ke ARKAS sesuai dengan username dan password pada yang sama dengan sebelumnya.

UPDATE  : Memindahkan Aplikasi ARKAS Ke Komputer Baru dengan cara di atas sudah sudah tidak dapat dilakukan lagi. Jika Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS ingin Memindahkan Aplikasi ARKAS Ke Komputer Baru maka harus mereset Data Base ARKAS ke Dinas Pendidikan Setempat. dan mendapatkan Nomor aktivasi ARKAS yang baru. baru setelahnya memindahkan Data Base ARKAS Lama seperti cara di atas. (lihat gambar dibawah)

Back Up Arkas



Itulah Sekilas mengenai Cara Back Up Database Lokal ARKAS Online Kemdikbud Semoga dapat bermanfaat untuk sobat operator dan Bapak/Ibu Bendahara pengelola BOS.