Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

4 Cara Atasi Tantrum Pada Anak


Apa itu tantrum ? tantrum adalah suatu keadaan ketika anak megeluarkan atau meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang hingga berguling dan bahkan sampai memcahkan barang. kondisi tantrum ini umum dan normal dialami anak usia antar 1 - 4 tahun, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kondisi tantrum pada anak. 

Penyebab Terjadinya Tantrum

Pada umumnya kondisi tantrum pada anak disebabkan karena keterbatasan kemampuan bahasa pada anak untuk mengungkapakan keinginan atau perasannya. sehingga si anak akan mengungkapkan dan meluapkan emosinya dengan cara berteriak, meronta menangis dan menjerit.

Pada kasus kasusus tantrum juga dapat disebabkan gangguan perilaku atau masalah psikologis, seperti autisme.

Bisanya tantrum juga dijadikan anak sebagai sarana observasi dan mengenali cara mendapatkan kemaunanya contohnya saat si anak mengingikan sesuatu lalu dia mengamuk dan oarng tuanya menuruti keinginannya maka ia akan melakukan hal yang sama dikemudian hari. jika dibarkan dan terus dituruti akan menjadi kebiasaan buruk.

Cara Atasi Tantrum Pada Anak 

Kondisi tantrum pada anak tidak boleh dibiarkan saja karena akan menjadi kebiasaan buruk dapat berdampak buruk dalam perkembangan anak dikkemudian hari, berikut adalah Cara Atasi Tantrum Pada Anak.

Selalu Bersikap Tetap Tenang

Saat anak mengalami tantrum usahakn kita selalu dalam keadaan tenang dan jangan emosi seperti berteriak memarhi atau lainya, sikap orang tua yang tenang akan membuat anak menjadi lebih mudah diatasi dengan cara menenagkan emosinya.

Cari Tahu Apa Penyebab Tantrum Anak

Cara untuk mengenali penyebab tantrum adalah dengan orang tua meanyakan secara langsung kepad anak jika anak sudah bisa bicara jika anak masih belum bisa bicara tanyakan sambil dibantu dengan bahasa isyarat, Jika penyebab tantrum diketahui, maka akan lebih mudah mengatasinya.

Alihkan Perhatian Anak

Alihkan perhatian anak saat tantrum seperti memberikan mainan, atau makanan kesuakaan hal ini dapat mengalihkan tantrum anak agar tidak rewel lagi.

Jangan Melakuakn Kekerasan Pada Anak Saat Tantrum

Jangan Melakuakan Kekerasan Pada Anak Saat Tantrum seperti memukul atau mencubitnya tidakan otoritatif ini tidak cocok untuk menenangkan anak yang sedang tantrum hal ini dapat membuat anak meniru tidakan tadi sehigga saat menyampaikan keinginan anak akan cendrung memukul nantinya, tidakan yang tepat adalah dengan memeluk atau mencium untuk menenangkan emosinya. tindakn ini untuk menunjukan bahwa anda sangat peduli dan mencintainya.

Apabila tantrum sering terjadi dan bahkan memiliki kecendrungan menyakiti diri sendiri sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak untuk mencari cara yang tepat untuk menanganinya.

Demikanlah Cara Atasi Tantrum Pada Anak semoga dapat bermanfaat.