Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Waspada Penyebab Speech Delay Pada Anak Dan Cara Pencegahanya


Pada kali ini aistijournals akan membahas mengenai Penyebab Speech Delay atau Keterlambatan bicara pada anak dan cara mengatasinya.

Keterlambatan bicara atau speech delay adalah suatu kondisi dimana kemampuan bicara anak tidak berkembang sesuai dengan usianya, gangguan bicara atau speech delay ini umun ditemui yaitu 1 dari 10 anak pada usia pra sekolah mengalaminya. Berikut adalah tanda - tanda dari speech delay atau keterlambatan bicara

Peyebab Keterlambatan Bicara Atau Speech Delay

Sebagai orang tua kita sebaiknya mengenali akan tanda - tanda perkembangan Speech delay ini agar dapat melakukan pencegahan dan penanganan sedini mungkin akan gangguan perkembangan pada anak ini. Berikut adalah beberapa faktor gangguan yang dapat menyebabkan speech delay.

Gangguan Pendengaran 

Penyebab ini mudah ditemukan namun terkadang orang tua melupakanya, yaitu gangguan pendengaran. Jika anak tidak dapat mendengar dengan baik maka akan sulit bagi anak tersebut dalam mempelajari kata - kata yang diperlukan dalam belajar bicara otomatis ini akan menyebabkan terjadinya keterlambatan bicara atau speech delay pada anak.

Gangguan Bicara dan Bahasa

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu peyebab umum dalam speech delay anak, pada anak yang mengalami Gangguan bicara dan bahasa otak bekerja dengan cara yang berbeda dengam anak lainya sehingga mengakibatkan permasalahan dalam bicara.

Pada kondisi ini, speech delay sering kali merupakan gejala awal gangguan belajar. Selain itu, gangguan perkembangan juga mungkin disebabkan oleh prematuritas (kelahiran yang berlangsung pada usia kehamilan 20-37 minggu dihitung dari hari pertama), yang juga sering menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada anak.

Gangguan Struktur Pada Area Mulut

Permasalahan struktur pada area mulut dapat meyebabkan terjadinya speech delay pada anak misalnya seperti terjadi maslah pada lidah dan langit - langit mulut dan juga bisa karena fernulum lidah yang pendek.

Ada Masalah Pada Sistem Syaraf

Adanya masalah pada sistem syaraf juga berpotensi meyebabkan terjadinya speech delay, hal ini karena syaraf dapat mempengaruhi otot - otot yang diperlukan dalam proses bicara Misalnya saja cedera otak (traumatic brain injury), cerebral palsy (lumpuh otak), dan distrofi otot (pengurusan otot akibat kekurangan zat gizi)

Autisme 

Anak yamg menderita autisme pada umumnya juga akan memiliki masalah pada komunikasi sehingga dapat menimbulkan Speech delay atau keterlambatan bicara

Anak Tidak Diacuhkan

Speech delay tidak hanya terjadi dari faktor masalah pada anak, faktor lingkungan juga sangat berperan penting. Pada anak yang tidak diacuhkan atau tidak terurus misalnya, mungkin ditemukan kondisi anak jarang mendengar orang dewasa di sekitarnya berbicara. Akibatnya, ia tidak distimulasi untuk belajar bicara sehingga terjadilah speech delay.

Lingkungan Bilingual

Anak yang dibesarkan dalam lingkungan bilingual atau multilingual juga dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk menggunakan salah satu, atau bahkan kedua bahasa tersebut. Hal ini disebabkan otak anak perlu bekerja lebih keras untuk mengartikan dan menggunakan dua atau lebih bahasa yang berbeda.

Cara Mencegah Terjadinya Speech Delay Atau Keterlambatan Bicara

Banyak sekali faktor - faktor yang menyebabkan terjadinya speech delay pada anak. Untuk melakukan pencegahan terjadinya speech delay orang tua dapat melakukan stimulasi kemampuan bicara pada anak yaitu dengan cara rutin berbicara dengan anak, sering-sering bercerita atau membacakan buku cerita, bernyanyi untuk anak, ataupun merespons si Kecil saat ia berusaha untuk berkomunikasi.

Itulah beberapa faktor Penyebab Speech Delay Pada Anak dan cara pencegahanya. Semoga dapat menambah wawasan kita.