Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Tips Mengajarkan Anak Mambaca Tanpa Mengeja


Apakah bunda sudah familiar dengan teknik membaca dengan cara mengeja? Pasti tentunya sudah karena kebanyakan sekolah menerapkan teknik membaca mengeja ini.

Dan apakah bunda juga sudah tahu dengan teknik membaca tanpa mengeja? 
Jika bunda belum pernah tahu atau malah pertama kalinya mendengar teknik ini, maka kali ini aistijournal akan membahas mengenai teknik tersebut dan tips mengajarkanya.

Pertama apasih perbedaan dari teknik membaca dengan mengeja dan teknik membaca tanpa mengeja ?

Perbedaan teknik membaca mengeja denagan teknik membaca tanpa mengeja

Sebenarnya perbedaan dari kedua teknik membaca ini tidaklah terlalu mencolok, perbedaanya jika teknik membaca dengan mengeja anak diajarkan dengan penggabungan 2 huruf atau lebih sedangkan pada teknik membaca tanpa mengeja anak di ajarkan langsung menghafal per suku kata.

Setelah mengetahui perbedaan antara kedua teknik membaca ini selanjutnya mari kita bahas bagaimana contoh penerapan dari teknik membaca tanpa mengeja ini.

Teknik Membaca Tanpa Mengeja

Memeperkenalkan Huruf Dengan Cara - Cara Yang Menyenangkan

Langkah pertama adalah memperkenalkan huruf terlebih dahulu pada anak karena megetahui huruf - huruf adalah dasarnya.

jika anak mengalami kesusahan dalam memahami huruf cobalah gunakan media yang menyengkan seperti flashcard dengan gambar yang berwarna warni untuk menarik perhatian anak atau juga bisa tabel huruf yang dibaca denagn cara bernyanyi.

Ajarai Mengahafal Suku Kata

Setelah anak mengenal dan menghafal huruh selanjutnya adalah ajari anak utuk menghafal suku kata mulailah dari sukukata yang ada konsosnan B sampai Z mengikuti huruf vokal contoh : ba,bi,bu,be,bo

Ajak Anak untuk Membaca Suku Kata yang Variatif

Tahap ketiga adalah memperkenalkan dan mengajari anak untuk membaca suku kata yang lebih variatif tapi masih mudah untuk dihafal anak dan berakhiran huruf vokal. Misalnya adalah bu-ku, bo-la, lu-ka, bu-ka, dan sejenisnya. Memperkenalkan suku kata yang memiliki akhiran huruf mati anak menguasai tahap ini lebih dulu.

Memperkenalkan Huruf Mati

Seteleah anak menguasai tahapan tahapan tadi selajutnya adalah memperkenalkan huruf mati pada anak seperti 'ny' 'ng'

Melatih Membaca Kata Secara Utuh

Cara mengajari anak membaca tanpa mengeja mungkin terdengar sulit ya, Bu. Pada awalnya anak mungkin juga akan menemui kesulitan, sehingga ia harus mengeja terlebih dahulu. Di sini Ibu lah yang harus rajin dan pantang menyerah untuk melatih anak agar ia dapat membaca tanpa mengeja. Ajari anak dengan metode belajar yang sesuai dengan karakternya, maka lama-kelamaan ia akan mulai lancar membaca.

Setelah kita membahas panjang lebar mengenai apa itu teknik membaca tanpa mengeja selajutnya aistijournals akan memberikan tips agar proses belajar dengan teknik memebaca tanpa mengeja ini cepat dikuasai anak, berikut tips - tipsnya.

Tips Cepat Menguasai Membaca Tanpa Mengeja

  1. Pergunakan Media Belajar seperti Contohnya saja flashcard, buku, tabel, atau huruf magnet
  2. Ajari anak dengan suasana yang santai, rileks dan seperti kondisi bermain.
  3. Jangan terlalu lama  dengan frekuensi yang padat dalam belajar karena dapat membuat anak bosan dan jenuh.
  4. Cari waktu yang sesuai dengan kondisi mood anak, jika anak sedang tidak dalam moodnya maka proses belajrnya akan menjadi sia - sia 

Demikianlah Tips Mengajarkan Anak Mambaca Tanpa Mengeja dengan cepat semoga dapat bermanfaat.