Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Unduh Latihan Soal Matematika KSN ( Kompetensi Sains Nasional ) Tingkat SD


Unduh Latihan Soal Olimpiade Matematika / KSN ( Kompetensi Sains Nasional ) Tingkat SD 

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai kehidupan. Situasi demikian menuntut kita agar segera berbenah diri dan sekaligus menyusun langkah nyata guna menyongsong masa depan. Olimpiade Matematika tingkat SD/MI yang telah dirintis sejak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan akan berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Olimpiade Matematika tingkat SD/MI merupakan langkah awal bagi siswa-siswi SD/MI yang berbakat yang nantinya diharapkan terus mengikuti Olimpiade tingkat SMP dan SMA.

Materi Olimpiade bersumber pada kurikulum SD/MI yang berlaku untuk mata pelajaran Matematika, buku pelajaran, buku penunjang, dan bahan lain yang relevan. Materi Olimpiade juga mencakup kemampuan menyelesaikan soal-soal eksplorasi (untuk Matematika), penalaran, kreativitas, serta pemahaman konsep.

Khusus untuk Matematika, materi yang diujikan adalah soal-soal yang tidak rutin dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk ukuran siswa SD. Ada dua format yang diberikan, yaitu format ujian dan format eksplorasi. Format ujian terdiri dari dua jenis, yaitu isian singkat dan uraian. Untuk soal isian singkat, peserta diminta untuk menuliskan jawaban soal saja. Format ini belum dapat menggambarkan bagaimana peserta memanfaatkan pengetahuan dan kompetensi matematikanya untuk menyelesaikan masalah. Gambaran demikian baru dapat diperoleh melalui format uraian. Materi ujian teori dapat dikelompokkan menjadi bilangan, geometri, pengukuran, data, dan matematika rekreasi. Materi eksplorasi lebih menekankan pada pencarian pola. Soal eksplorasi meminta peserta melakukan kegiatan mencoba-coba. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menyentuh aspek kognitif, tetapi juga aspek psikomotorik. Sebagai hasil mencoba-coba tersebut, peserta diharapkan dapat menemukan suatu pola dan memberikan pendapat yang bersifat umum tentang pola tersebut.
 
Seleksi Olimpiade Matematika SD/MI dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan diakhiri dengan Olimpiade Sains Nasional.

Daftar Isi

Selayang Pandang Olimpiade Matematika SD/MI
Bagian I Olimpiade Tingkat Kabupaten/Kota

Soal 1
Soal dan Pembahasan 1 Soal 2
Soal dan Pembahasan 2 Latihan
Bagian 2 Olimpiade Provinsi
Soal
Soal dan Pembahasan
Bagian 3 Olimpiade Tingkat Nasional
Latihan
Bagian 4 Canadian Open Mathematics Championship
English Text Problem
Soal Teks Bahasa Indonesia Soal dan Pembahasan
 
Selengkapnya Latihan Soal Matematika KSN ( Kompetensi Sains Nasional ) Tingkat SD dapat di unduh pada link berikut ( UNDUH )