Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Bahaya Narkoba

Berikut adalah beberapa contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Serta Bahayanya

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya. Sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, karena beliaulah yang selalu memberikan suri tauladan yang terbaik kepada umatnya.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang bahayanya narkoba untuk generasi penerus bangsa ini.

Saat ini, pengguna narkoba di Indonesia jumlahnya semakin meningkat. Hal ini terjadi karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Bahkan para pengedar dari luar negeri justru memanfaatkan orang Indonesia untuk membantu dalam aksinya demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Penyalahgunaan zat adiktif dan narkotika lainnya dapat memberikan efek buruk terhadap masyarakat. Sehingga dapat memberikan kerugian yang besar seperti gangguan kesehatan, tindak kekerasan, kriminalitas, perubahan perilaku, menurunnya produktifitas kerja dan lain-lain.

Agar terhindar dari penggunaan narkoba, dapat diadakan penyuluhan-penyulahan di setiap daerah baik di lingkungan sekolah ataupun di masyarakat. Memberikan pengetahuan yang cukup tentang bahayanya narkoba jika sampai meracuni tubuh kita. Dan yang lebih miris lagi, bahwa pengguna narkoba lebih banyak terjadi pada anak-anak remaja dan sekolah.

Untuk menghindari masuknya narkoba ke lingkungan sekolah, maka pihak sekolah juga harus mengadakan program waspada narkotika dan mengidentifikasi bagai mana cir-ciri anak yang sudah mengkonsumsi narkoba.

Seringkali para pengguna atau pengedar narkoba sudah tahu tentang program-program sekolah untuk mencegah masuknya narkoba ke lingkungan sekolah. Jadi mereka dapat dengan mudah untuk mengatasi hal itu.

Tetapi, sepandai apapun yang dapat dilakukan oleh pengguna dan pengedar narkoba, kita harus tetap optimis untuk melakukan pencegahan. Kita harus bisa memberantas kasus narkoba. Setidaknya dengan cara meminimalisir kasus narkoba dengan cara apapun.

Tentunya cara- cara tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk siswa. Selain itu, juga dapat meningkatkan karakter siswa agar mereka merasa nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Demikian sedikit pidato tentang bahaya narkoba untuk remaja Indonesia yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata dalam penyampaiannya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Contoh 2 

elamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Ibu Guru

Dan teman-teman yang saya banggakan

Sebelum saya mulai, marilah kita bersama-sama panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita kenikmatan tiada tara. Rahmat dan Hidayah-Nya semoga terus tercurahkan kepada kita semua Amiin. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai narkoba, bahaya penyahlahgunaan narkoba yang sering terjadi di kalangan pelajar.

Generasi muda seusia kita sekarang banyak yang sudah menggunakan narkoba. Hal ini pertumbuhannya dari tahun ketahun semakin meningkat. Padahal, sebenarnya kita tahu bahwa narkoba sangat tidak bagu untuk kesehatan tubuh kita. Namun, masih saja tetap banyak teman-teman kita yang seusia kita menjadi korban.

Penyalahgunaan narkoba memang tidak melulu anak usia muda, akan tetapi para orang tua juga banyak yang menggunakan narkoba entah karena alasan apa. Namun yang jelas, hal demikian itu sangat dilarang oleh pemerintah dan juga agama.

Padahal, dengan menggunakan obat-obatan semacam ini, bakat dan juga potensi yang kita miliki selama ini perlahan akan hilang karena pikiran kita yang terganggu akibat terlalu sering mengkonsumsi narkoba.

Pernahkah kalian bertanya? sebenarnya apa sih narkoba itu? Kata narkoba sebenarnya kepedenkedan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Pada saat ini, istilah tersebut mulai bergeser dengan NAFZA atau Narkotika, Alkohol, dan Zat adiktif lain yang dapat merusak kesehatan dan juga mental seseorang. Mengapa zat adiktif juga dilarang? hal ini karena zat tersebut bila dikonsumsi secara terus menerus, akan menyebabkan ketergantuan terhadap obat-obat tersebut, sama halnya dengan narkotika. Yang jelas, penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut dilarang karena dapat merugikan bagi yang menggunakan.

Istilah kecanduan obat-obatan dapat kita artikan dimana seseorang yang mengkonsumsi obat tersebut akan senantiasa mencoba mengkonsumsi obat tersebut. Parahnya lagi, bila sudah kecanduan, dosis yang diminum semakin hari akan semakin bertambah karena efek ketagihan. Pada awal pemakaian, mungkin akan menimbulkan perasaan senang bagi pemakainya, hal inilah yang seringkali membuat teman-teman kita ingin mencobanya. Alasan pertama mungkin karena hanya ingin coba-coba, ingin tahu bagai mana sensasinya. Namun karena efek obat yang tidak dapat dikontrol, maka penggunaannya akan semakin bertambah yang pada akhirnya menyebabkan ketagihan. Bila sudah terjadi demikian, bukan lagi perasaan senang yang didapat, melainkan rasa sakit akibat efek obat tersebut. Atau istilahnya disebut dengan sakau.

Jadi berhati-hatilah agar kita tidak terjerumus untuk mencicipi obat-obatan tersebut. Banyak pengedar yang beroperasi di lingkungan sekolah dengan berbagai macam cara agar dapat menjual barang terlarang tersebut ke semua pelajar yang ada. Salah satu cara mereka adalah dengan membuat obat-obatan tersebut menjadi semacam permen atau jenis lainnya guna mengelabui kita. Pada awalnya mereka juga akan memberikan itu secara cuma-cuma, namun bila sudah kecanduan, barulah mereka akan meminta bayaran kepada kita.

jadi kembali saya ingatkan, berhati-hatilah dalam bergaul. Bila ingin tahu bagaima dampak buruk menggunakan narkoba atau obat-obatan jenis lainnya, berikut ini saya punya daftarnya.

Dari segi kesehatan, gangguan akibat narkoba adalah sebagai berikut:

Perlahan akan terjadi gangguan pada otak dan tubuh secara umum. gangguan ini akan terjadi dalam tempo yang cukup lama.

Terjadi perubahan sel saraf pada otak. hal ini akan terjadi bila orang tersebut mengkonsumsi dalam waktu yang lama. sehingga bila suatu saat dihentikan pemakaiannya, efeknya juga tidak akan segera hilang. Butuh waktu yang juga lama untuk menghilangkan efeknya dari tubuh.

Tubuh sering dehidrasi. orang yang terbiasa mengkonsumsi narkoba, dirinya akan mudah sekali dehidrasi, yang pada akhirnya akan menyebabkan kejang-kejang, mudah panik, sering berhalusinasi, sakit dada, dan sikapnya menjadi agresif.

Golongan obat-obatan asam gamma-hidroksibutirat dan rohypnol dapat mengakibatkan efek sedatif, kebingungan, kehilangan ingatan, perubahan perilaku, koordinasi tubuh terganggu dan menurunnya tingkat kesadaran.

Halusinasi, Penggunaan mariyuana atau ganja dapat menyebabkan efek samping halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan serta paranoia. Efek jangka panjang mariyuana adalah gangguan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan.
Kejang hingga kematian, Bahaya narkoba berupa penyalahgunaan metamfetamin atau lebih dikenal sebagai sabu-sabu, opium, dan kokain, dapat menyebabkan berbagai efek buruk, termasuk perilaku psikotik, kejang-kejang, dan bahkan kematian akibat overdosis.

Lalu bagaimana cara mengatasinya apabila sudah terlanjur menjadi korban dari Narkoba? Usaha pencegahan terhadap narkoba di kalangan pelajar seusia kita, sudah sebaiknya menjadi tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua kita, guru-guru, serta masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba.

Tetapi yang lebih menentukan bagaimana kita nantinya adalah diri kita sendiri, karena kitalah yang memilih hidup kita. Orang lain mungkin hanya memberi saran atau kritikan jangan sampai kita menjadi korban dari narkoba. Tetapi apabila kita telah lepas kontrol diri jangan sampai sembarangan dalam memilih teman bergaul.

Teman-temanku yang saya banggakan. Para pengedar Narkoba sedang mengincar kita kapan saja dan dimana saja. Mereka akan melakukan berbagai cara agar kita dapat tergoda untuk mencobanya. Apabila dengan mencobanya maka lambat laun kita akan ketagihan.

Mereka, para pengedar narkoba tersebut, tidak akan mau tahu bagaimana kita nantinya dan tidak pernah peduli dengan kehidupan kita dimasa depan. Pastinya mereka sedang memburu kita dan bersiap-siap menghancurkan masa depan kita. Tidak ada pilihan lain kecuali kita tetap waspada dan mampu membawa diri untuk tidak terpancing oleh rayuan mereka. Sayangilah diri kita, kasihanilah masa depan kita dan orang yang melahirkan dan membesarkan kita yaitu orang tua.

Yang tidak kalah penting ialah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada diri kita masing-masing. Karena salah satu penyebab terjerumusnya kita ke dalam hal negatif ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang kita serap.

Sehingga pada kesempatan ini saya mengajak teman-teman untuk bersama-sama lebih aktif dan peduli terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba. Marilah kita pergunakan waktu yang positif bagi masadepan kita dan masa depan bangsa kita. Secara tegas pikiran, ucapan, hati dan perilaku kita mengatakan KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA pada dunia bahwa kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang terpelajar dan bebas dari narkoba tidak akan pernah sekali pun menyentuh narkoba apalagi memakai barang haram tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih. Selamat pagi.


Contoh 3 

ismillahirrahmaanirrahiim, Assalamualaikum wr, wb

Hadirin yang saya hormati…

Sebelum mulainya pidato ini marilah kita bersama-sama mengucap syukur atas hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehigga sehat kita dapat berbagi di tempat ini.

Sholawat melalui salam marilah kita hauturkan ke junjungan kita Nabi agung Muhammad SAW, yang mana dia telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang menerang seperti yang kita rasakan pada saat ini.

Peredaran narkoba yang terdapat dalam negara ini akan bertambah dengan adanya menyalahgunakan dari kalangan elit saja sehingga dapat mencakup ke kalangan anak-anak bahkan orang tua pun menjadi pecandu narkoba.

Dengan demikian pengedaran narkoba terus meraja lela sampai ke pelosok masyarakat dan sampai ke dunia maka dari itu beberapa jenis narkoba akan dengan mudah untuk merusak anak bangsa marilah kita bersama-sama jauhi obat-obatan yang terlarang ini jangan sampi kita dan anak-anak kita menggunakan narkoba.

Berdasarkan fakta-fakta dapat kita simpulkan bahwa Indonesia sekarang banyak sekali yang mengembangkan bisnis narkoba ini sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan agar kita dan orang-orang sekitar kita tidak menjadi korban narkoba. Marilah kita sayangi tubuh kita dan anak-anak kita supaya terhinda dari narkoba

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan dalam pidato yang singkat ini apabila ada perkataan saya yang kurang kerkenan di hati saya mohon maaf.

Terima Kasih

Wassalamualaikum wr, wb


Contoh 5 

Assalammualaikum, wr wb

Kepada yang terhormat Bapak Ketua Yayasan beserta wakil, kepada para staff yang sudah menyukseskan terselenggaranya acara ini dan juga tak lupa penghormatan kami kepada para hadirin yang berkesempatan datang pada pagi hari yang cerah ini.

Tak lupa kita panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan keberkahan sehingga kita semua bisa dipertemukan di tempat yang berbahagia ini. Kemudian shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, pemuda padang pasir yang telah membawa kita ke Jalan yang penuh dengan ilmu pengetahuan lagi terang benderang.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang kesehatan atau lebih tepatnya pidato tentang narkoba. Narkoba adalah musuh terbesar suatu bangsa, narkoba bisa menyebabkan lumpuhnya masa depan generasi muda, narkoba bisa menjadi sumber terjadinya kejahatan, menjadi sumber terjadinya malapetaka dan bencana. Setiap tahunnya banyak sekali berjatuhan korban dari Narkoba yang merenggut nyawa. Mengapa kesadaran pada masyarakat masih minim tentang hal ini? Narkoba adalah obat terlarang yang sangat merugikan dan bisa memperpendek umur Anda, lalu mengapa para pengguna narkoba masih tertarik dengan barang haram ini? Mungkin karena sudah terlanjur rasanya sulit untuk berhenti, namun bukan berarti tidak bisa. Ada banyak pusat rehabilitasi yang siap membantu para pecandu narkoba ini untuk lepas dari jeratan narkoba dan hidup dengan sehat. Memang benar jalannya sangat sulit jika seseorang sudah ketergantungan dengan narkoba, namun hal ini sekali lagi bukan berarti tidak bisa dan tidak mungkin. Untuk orang-orang yang berada di sekitar para pecandu narkoba sebaiknya jangan menyisihkan mereka dari pergaulan namun rangkullah agar mereka mau mengikuti rehabilitasi agar bisa terlepas dari jeratan narkoba. Narkoba bisa menyebabkan nyawa melayang maka sebaiknya sebelum terlambat jangan sekali-kali mendekati barang haram ini, saudara-saudara.

Kemudian bagi siapa saja yang pada saat ini masih sehat dan tidak pernah tersentuh oleh narkoba, maka sebaiknya Anda tidak terpengaruh. Narkoba adalah obat terlarang yang tidak hanya bisa menimbulkan kecanduan, dalam tubuh ia akan menyerang saraf-saraf termasuk saraf otak sehingga dengan demikian pada saat Anda mengkonsumsinya Anda bisa mengalami banyak masalah , deretan penyakit berbahaya sudah pasti akan menjadi teman yang setia menemani Anda saat Anda terkena narkoba. Usia yang sangat rentan untuk terpengaruh mengkonsumsi narkoba adalah usia remaja, dimana pada masa ini remaja sangat labil dan bisa terpengaruh oleh ajakan siapa saja. Sudah menjadi peran orang tua untuk dapat membimbing anak-anaknya agar jangan sampai terjerat oleh barang haram ini. Bagi para remaja pun juga jangan mudah terpengaruh dengan teman-teman Anda yang mengajak Anda untuk mencoba barang haram ini, karena saat Anda sudah mengkonsumsi narkoba dan merasa kecanduan maka jalan untuk lepas dari narkoba itu sangat sulit dan panjang.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga pidato singkat tentang narkoba ini bisa memberikan pencerahan bagi para hadirin sekalian untuk dapat lebih waspada tentang bahayanya narkoba dan perlunya untuk saling menjaga serta mengawasi orang-orang di sekitar Anda agar jangan sampai tersentuh oleh barang haram ini. Saya akhiri, mohon maaf jika terjadi kesalahan kata, wa billahi taufik wal hidayah, wassalammualaikum, wr wb