Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Kumpulan Contoh Pidato Hari Santri Nasional

Kumpulan Contoh Pidato Hari Santri Nasional 

Contoh 1 

Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh,

"Alhamdulillah, Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bilhuda wa dinil haq. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma shalli wa sallim wa barik ala Muhammad, wa ala alihi wasohbihi ajmai’in".

Para hadirin yang dimuliakan oleh Allah Swt.

Pertama-tama di atas segalanya, mari kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah Swt. yang selalu memberikan kita nikmat baik di kala lapang maupun sempit sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan penuh ilmu ini dalam keadaan sehat walafiat.

Selawat berlantunkan salam kita sanjungkan kepada Nabiyullah Muhammad saw., Rasul penutup para Nabi, dan Rasul yang bakal memberikan syafaat bagi umatnya yang senantiasa berselawat kepada beliau. Semoga kita termasuk satu di antara umat yang bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah Swt.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kita telah singgah di momentum yang luar biasa, yaitu peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2022.

Menilik sejarah, peringatan Hari Santri Nasional awalnya dicetuskan tahun 2015 menurut Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 dan dirayakan pertama kali pada 22 Oktober tahun 2016.

Jika kita hitung kembali, tahun 2022 ini peringatan HSN baru memasuki usia ke-6. Sungguh masih sangat muda, tapi gaungan resolusi jihad bakal terus berkobar tanpa memandang umur.

Hadirin yang berbahagia,

Santri berperan besar terhadap kemajuan negeri. Peran ini sudah digaungkan oleh para ulama kita di masa lalu. Mereka berkisah bahwa tugas santri tidak hanya sekadar baca kitab kuning, bermalam di pesantren atau meramaikan masjid saja melainkan juga ikut serta dalam memajukan negara.

Santri yang hebat ialah mereka yang cinta dengan Tanah Air karena biar bagaimana pun juga, kita semua hidup di Indonesia.

Agama Islam pula mengajarkan bahwa nilai ibadah dan muamalah itu sama pentingnya dan sebagai seorang insan, kita pula perlu berlomba-lomba dalam meraih kebaikan dunia dan akhirat.

Bagaimana caranya?

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini kita sedang berduka dan terus berusaha mengusir pandemi dari kediaman Nusantara tercinta. Sebagai seorang santri, sudah kewajiban kita untuk ikut bersiap siaga dan mengerahkan jiwa raga untuk membantu negara.

Tidak perlu ikut berperang ke luar kota, minimal kita bisa siaga jiwa raga terhadap diri sendiri. Dimulai dari menjaga kebersihan jasmani dan rohani serta terus menebarkan pikiran positif di mana pun diri ini berada.

Sebagai gaungan atas resolusi jihad, santri pula bertanggung jawab untuk membersihkan diri dari pemikiran-pemikiran radikal yang bertentangan dengan Islam. Walau begitu, sebagai bangsa yang besar kita juga perlu meninggikan toleransi.

Islam mengajarkan supaya berdakwah itu dilakukan dengan lemah lembut, perkataan yang baik, serta tidak menggunakan kekerasan. Hal tersebut tercantum jelas dalam Surah An-Nahl ayat 125.

Hadirin rahimakumullah,

Pada momentum peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, marilah kita bergotong-royong untuk memperbaiki akhlak diri dan umat dengan mengerahkan kekuatan jiwa dan raga.

Bersamaan dengan hal tersebut, kita pula perlu bersiaga atas gangguan dari luar, baik itu gangguan yang berkaitan dengan iman, Islam, bangsa, negara, hingga kesehatan.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah Swt.

Sampai di sini dulu pidato yang bisa saya sampaikan. Banyak maaf.

Wassalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh.


Contoh 2

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, a’alaa aalihi wa sohbihi ajma’iin. Amma ba’du.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

tidak lupa juga sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman. Semoga kita termasuk umat yang kelak mendapat syafaatnya.

serta mengingatkan kita kembali akan perjuangan gigih para alim ulama, ustadz, dan para santri dalam memperjuangkan keutuhan negara tercinta ini.

Pada Hari Santri Nasional 2022 ini, semoga kita semua mampu menjadi pribadi yang bisa meneladani nilai-nilai baik pendahulu kita, baik dalam bertindak, bersosialisasi, hingga menjadi pejuang dalam menegakkan nilai-nilai kebenaran.

Semoga momentum HSN 2022 juga mampu menumbuhkan semnagat kita untuk terus berusaha menjadi generasi pembelajar, yang mencintai ilmu demi masa depan yang gemilang dan kemajuan bangsa.

Karena hanya dengan ilmu kita dapat menjadi lebih pintar dan tidak mudah dibodohi di tengah zaman yang penuh fitnah, keserakahan, dan persaingan global yang makin pesat.

Namun, jangan pernah lupa, sebagai santri sejati, hendaknya kita tetap mengedepankan adan dan nilai-nilai kesopan-santunan dalam mencari ilmu. Hormatilah para guru,orangtua, hingga teman-teman kita agar jalan menuntuut ilmu dipenuhi berkah-Nya.

Karena hanya dengan adab yang baik, maka ilmu yang kita dapat dan miliki akan lebih mudah teraplikasi dengan maksimal

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai santri kita punya tugas bukan hanya sekadar belajar di pesantren atau sekolah atau melalui media belajar lainnya. Tapi kita punya peran untuk selalu terdepan dalam membela kebenaran.

Jangan pernah takut berkata jujur, jangan pernah mundur membela yang lemah, dan teruslah bersuara lantang di atas kebenaran. Karena dengan begitu kita telah berperan dalam menjaga martabat kemanusiaan dari oknum yang hanya ingin mengambil keuntungan.

Hadirin yang berbahagia,

Semoga momentum Hari santri Nasional ini semakin menempa kita semua menjadi pribadi berakhlakul karimah dan berguna bagi nusa bangsa.Cukup sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampunan.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.***



Contoh 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Alhamdulillah, puja dan puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul pada acara hari santri nasional 2022 ini. 

Hadirin yang berbahagia, tepat pada 22 Oktober 2022 seluruh umat muslim di Indonesia tengah memperingati hari santri nasional yang secara rutin kita peringatkan setiap tanggal 22 Oktober. 

Melalui peringatan ini, kita semua bisa meneladani semangat jihad dari pada pendahulu kita pada awal kemerdekaan Indonesia. 
Semangat berjuang di jalan yang benar harus terus kita kobarkan sebagai bentuk rasa cinta pada agama dan tanah air Indonesia. 

Saudara-saudara, tema hari santri pada tahun 2022 ini adalah "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan"
Melalui tema tersebut marilah kita menjadi sosok santri yang bisa memberikan kontribusi untuk agama, bangsa dan negara tercinta kita ini, Indonesia.

Berbagai upaya kecil yang berdampak besar bisa kita lakukan sebagai bentuk rasa cinta kepada agama dan negara. 

Misalnya untuk senantiasa bersemangat dalam menuntut ilmu baik itu ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. 

Sebagai santri yang berintegritas tinggi, sudah seyogyanya kita tak hanya mempelajari tentang agama saja namun harus diimbangkan dengan pengetahun lain seperti pemanfaatan teknologi yang positif. 

Langkah ini berguna demi menciptakan masa depan Indonesia yang lebih cerah dengan masyarakat yang paham akan berbagai pengetahuan agar kita tidak dijajah oleh negara lain. 
Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila terdapat kesalahan.

Terima kasih, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.***