Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Kumpulan Contoh Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan


Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah jenis paragraf yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, tempat, peristiwa, atau konsep secara rinci. Tujuan utama dari paragraf deskriptif adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan detail kepada pembaca sehingga mereka dapat membayangkan atau memahami dengan baik apa yang dijelaskan dalam teks.

Ciri-ciri Paragraf Deskriptif Meliputi:

Penggunaan Detail: Paragraf ini menggunakan berbagai detail seperti warna, bentuk, ukuran, aroma, suara, tekstur, dan lainnya untuk memberikan gambaran yang lengkap tentang objek atau topik yang dijelaskan.

Penggunaan Indra: Penulis seringkali menggunakan panca indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan, dan rasa) untuk membantu pembaca merasakan atau memahami objek atau tempat yang digambarkan.

Urutan Logis: Paragraf deskriptif biasanya mengikuti urutan logis atau organisasi tertentu. Misalnya, deskripsi tentang objek fisik mungkin dimulai dari atas ke bawah atau dari depan ke belakang.

Bahasa Deskriptif: Penggunaan bahasa deskriptif yang kuat sangat penting dalam paragraf ini. Kata-kata deskriptif seperti "besar," "kecil," "berwarna," "terang," "gelap," "bergelombang," dan sejenisnya digunakan untuk menjelaskan objek atau situasi dengan jelas.

Tujuan Rinci: Paragraf deskriptif biasanya memiliki tujuan tertentu, seperti menggambarkan suasana di tempat tertentu, menguraikan karakteristik fisik seseorang, atau menjelaskan cara kerja suatu proses.

Paragraf deskripsi juga memiliki ciri-ciri menggambarkan benda, orang, makhluk, tempat dan sebagainya dengan detail dan jelas. penggambaran yang ditampilkan merupakan hasil indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan) sang penulis. jenis paragraf ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap pembaca dan memicu imajinasi mereka tentang cerita tersebut.

Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Paragraf deskriptif dengan tema pendidikan adalah jenis paragraf yang fokus pada deskripsi atau penjelasan terkait dengan aspek-aspek pendidikan, seperti sekolah, guru, metode pengajaran, fasilitas pendidikan, pengalaman belajar, dan sebagainya. Paragraf semacam ini dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti esai pendidikan, laporan, artikel, atau tulisan lain yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Contoh 1 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Ekskul Di Sekolah 
Eskul atau ekstrakurikuler di sekolah biasanya sudah dimulai dari tingkat sekolah dasar, bahkan ada juga yang memulainya saat Taman Kanak-kanak. Jenis-jenis ekstrakurikuler yang ditawarkan beragam, bisa dalam bidang olahraga, kesehatan, dan juga seni memasak.

Kegiatan eskul merupakan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Artinya, mengikuti eskul sama dengan siswa mengikuti kegiatan informal sekolah.

Tujuan dari kegiatan eskul adalah agar siswa memiliki kemampuan lain selain memahami pelajaran di kelas. Selain itu, beberapa eskul mengajarkan siswa untuk bekerja sama, melatih kekompakan, memperlancar seni berdiskusi, bahkan mengajarkan kemandirian.

Kegiatan eskul bisa diikuti dari sekolah dasar sampai tingkat universitas dan biasanya pada tahap tertentu dapat memberikan sertifikat bagi anggotanya. Nantinya, beberapa sertifikat dapat digunakan untuk melamar kerja jika lamarannya linear dengan eskul.

Contoh 2 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

"Di sekolah ini, pengalaman belajar sangatlah berharga. Para siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka melalui beragam metode pengajaran yang inovatif. Guru-guru di sini tidak hanya berperan sebagai instruktur, tetapi juga sebagai mentornya. Mereka selalu siap membimbing dan memberikan dorongan kepada siswa untuk mencapai prestasi terbaik. Fasilitas pendidikan yang modern, seperti perpustakaan yang lengkap dan laboratorium ilmiah yang canggih, memberikan lingkungan yang mendukung eksplorasi pengetahuan. Selain itu, suasana inklusif dan kolaboratif di sekolah ini membantu siswa merasa diterima dan didorong untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Semua ini menjadikan pendidikan di sekolah ini sebagai fondasi kuat bagi masa depan yang cerah."

Contoh 3 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Wajib belajar di Indonesia saat ini sudah diharuskan dari tingkat SD sampai tingkat SMA, artinya wajib belajar 12 tahun.

Dari yang semula hanya wajib sampai 9 tahun, sekarang tingkat SMA sudah menjadi keharusan untuk dienyam. Pemerintah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan menyediakan program gratis belajar untuk berbagai sekolah menengah atas negeri.

Pendidikan dan masa depan adalah dua hal yang saling berkaitan, dimana untuk menjadi seorang profesional, kamu harus menguasai bidang tertentu. Demi menguasai bidang tertentu, pastinya harus melalui proses pembelajaran dan itu bisa didapatkan saat sekolah.

Kamu bisa mengaplikasikan ilmu saat sekolah dengan melamar pekerjaan sesuai passion dan bidang yang kamu tekuni. Kamu juga bisa membuka bisnis sendiri berdasarkan pengaplikasian bidang ilmu yang selama ini dipelajari saat bangku sekolah.

Contoh 4 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

UPTD SDN 2 Patrol Lor adalah tempat yang istimewa bagi perkembangan anak-anak. Ketika Anda memasuki sekolah ini, Anda akan disambut oleh bangunan yang cerah dan ramah anak-anak dengan mural seni yang menghiasi dinding-dinding koridor. Guru-guru di sekolah ini adalah individu yang berdedikasi tinggi untuk menginspirasi pengetahuan. Mereka tidak hanya mengajar pelajaran, tetapi juga mendukung perkembangan karakter siswa. Di dalam kelas, Anda akan menemukan beragam sumber belajar, termasuk teknologi modern dan buku-buku terbaru. Selain itu, sekolah ini aktif dalam mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, seperti paduan suara, klub sains, dan olahraga, yang membantu siswa mengembangkan minat dan bakat mereka. Secara keseluruhan, Sekolah Dasar UPTD SDN 2 Patrol Lor adalah lingkungan pendidikan yang menginspirasi dan mendukung perkembangan komprehensif siswa."

Contoh 5 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Fisika adalah mata pelajaran yang familiar sejak kamu duduk di bangku SMP. Saat sekolah dasar, guru akan sedikit menyentuh materi Fisika, namun masih menyatukannya dengan mata pelajaran IPA.

Beberapa materi yang akan kamu temukan saat mempelajari Fisika adalah hukum gravitasi, hukum kecepatan, hukum volume, dan sebagainya. Semua diperhitungkan dengan teliti dan pasti melalui rumus yang sudah disepakati oleh para ahli seluruh dunia.

Dengan mempelajari Fisika, kamu bisa mengetahui berapa lama waktu tempuh ke lokasi B dari lokasi A jika kecepatan kendaraan sekian per sekian detik. Contoh rumus Fisika yang terkenal adalah rumus Einstein atau E=MC2.
 

Contoh 6 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

"Universitas Harmoni adalah pusat pendidikan tinggi yang menggabungkan tradisi akademis yang kuat dengan inovasi modern. Ketika Anda menginjakkan kaki di kampus ini, Anda akan melihat bangunan-bangunan indah yang menciptakan atmosfer yang penuh semangat belajar. Fakultas di Universitas Harmoni adalah para pakar di bidang mereka, dan mereka tidak hanya berfungsi sebagai pengajar tetapi juga sebagai mentor bagi para mahasiswa. Selain itu, universitas ini menawarkan fasilitas penelitian yang canggih, perpustakaan dengan koleksi lengkap, dan laboratorium terdepan yang memfasilitasi eksplorasi ilmiah. Mahasiswa di sini juga terlibat dalam berbagai klub, organisasi, dan acara sosial yang membantu mereka mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan jaringan. Universitas Harmoni adalah tempat di mana pendidikan tinggi bertemu dengan peluang tanpa batas."

Contoh 7 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Banyak orang menganggap pelajaran ini penting, namun ketika dilaksanakan tes nilainya justru tidak memuaskan.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membantu kamu mengetahui mana tata bahasa baku dan tata bahasa tidak baku. Pemahaman tentang Bahasa Indonesia secara tepat membantu kamu menyusun surat-menyurat, terutama ketika terjun ke dunia kerja.

Penguasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga membantu dalam penyusunan karya ilmiah, seperti skripsi saat menempuh pendidikan sarjana. Selain memahami bahasa baku, kamu juga wajib tahu seperti apa penerapan bahasa tidak baku.

Karena nantinya profesi sebagai penulis membutuhkan penguasaan tentang bahasa tidak baku secara tepat. Fungsinya agar mampu menarik minat pembaca untuk menikmati karya dan mendapatkan amanat dari karya tersebut.

Contoh 8 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Matematika sudah dipelajari sejak sebelum masuk sekolah, seperti pengenalan angka 0 sampai 9 oleh orang tua. Semakin tinggi jenjang pendidikan kamu, semakin kompleks rumus Matematika yang diberikan.

Mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sampai ke sinus, cosinus, tan, dsb. Ilmu Matematika berperan penting untuk beberapa profesi kerja, seperti contohnya arsitek dan juga ahli IT.

Seorang arsitek membutuhkan ilustrasi presisi ketika mendesain bangunan dalam sebuah gambar. Berbagai perbandingan ukuran akan menjadi panduan para pekerja di lapangan. Untuk itu, perhitungannya harus tepat agar pembangunannya akurat.

Contoh 9 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

Gedung-gedung yang berderet, adanya koperasi, lapangan dan UKS mini menggambarkan sebagian kecil sarana yang ada di sekolah. Jumlah kelas cukup banyak, karena setiap tingkatan dibagi menjadi A, B dan C membuat suasana di lingkungan sekolah menjadi ramai. Mungkin karena keindahan warna dan pernak-pernik pada setiap ruang kelas membuat anak-anak menjadi nyaman saat belajar. 

Ada juga, lapangan yang begitu hijau dan tanpa atap untuk berolahraga serta upacara, membuat pandangan lingkungan sekolah melebar. Apalagi, pada bagian pojok lapangan dekat dengan kantor guru ada mushola tempat beribadah. Hal ini membuat lingkungan sekolah semakin menawan.

 Menariknya, pohon-pohon tinggi yang ada pada beberapa sudut sekolah membuat lingkungan sejuk. Apalagi saat ada angin-angin kecil yang lewat dan menghantam pohon ini membuat udara semakin dingin. Salah satu pohon favorit tempat anak-anak bermain adalah pohon mangga di dekat perpustakaan. 

Pohon itu sangat rindang dan bebas dari para serangga, sehingga aman bermain di sekitar situ. Perpustakaan sekolah menyimpan begitu banyak buku yang menarik dengan beragam gambaran cantik. Mulai dari buku fiksi sampai buku non fiksi. Kemudian, ada juga buku yang tebal dan buku yang tipis. 

Di perpustakaan siswa yang rajin berkunjung memperoleh banyak pengetahuan. Terlebih lagi, penjaga perpustakaan bernama Bu Sisi, salah satu guru favorit anak-anak. Ibu Sisi yang senang dengan anak-anak selalu tulus mengajarkan muridnya berbagai pelajaran di kelas. Mulai dari pelajaran matematika, bahasa Indonesia, IPA dan lain sebagainya. Anak-anak sangat menyayangi bu Sisi karena kesabarannya dan ramahnya saat mengajar.  

Terkadang, pada saat jam istirahat semua anak-anak main keluar kelas. Ada yang bermain lompat tali dan ayunan. Bahkan, beberapa diantaranya lebih senang menghabiskan waktunya di perpustakaan untuk membaca buku-buku.

Contoh 10 Paragraf Deskriptif Tema Tentang Pendidikan

"Lingkungan Sekolah Alam Hijau adalah tempat yang menakjubkan untuk belajar dan bermain. Sekolah ini dikelilingi oleh alam yang subur dengan pepohonan rindang, taman bunga yang cantik, dan padang rumput luas. Saat Anda berjalan-jalan di sekitar sekolah, Anda akan mendengar nyanyian burung dan suara angin yang menenangkan. Ada kolam ikan yang tenang di halaman sekolah, tempat siswa sering duduk untuk merenung atau membaca buku. Lingkungan alam ini tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga menginspirasi rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sekolah ini juga aktif dalam program-program keberlanjutan, seperti daur ulang dan penanaman pohon. Keseluruhan, Lingkungan Sekolah Alam Hijau adalah tempat yang menyatu dengan alam dan mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga bumi kita."