Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

5 Lambang Pancasila dan Maknanya

PANCASILA

Apa itu Pancasila?

Dilansir situs Kemenko PMK, kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yaitu 'Panca' yang berarti lima dan 'Sila' yang artinya dasar. Secara bahasa, Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah. Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur segala tatanan kehidupan bangsa Indonesia dan mengatur penyelenggaraan negara.

Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pancasila adalah dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yang terdiri atas lima sila, yaitu:
  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Arti Dari 5 Sila Pancasila

Pancasila terdiri dari lima sila atau asas yang dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Dikutip dari situs Kemdikbud, arti 5 sila Pancasila adalah sebagai berikut.
  1. Sila pertama: Ketuhanan yang Maha Esa (simbol bintang) Bintang menggambarkan sebuah cahaya. Cahaya pada simbol bintang ini diibaratkan sebagai cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan kepada manusia.
  2. Sila kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (simbol rantai) Rantai pada simbol kedua terdiri atas mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan membentuk lingkaran. Keterkaitan itu bermakna bahwa bangsa Indonesia saling terkait erat, saling bahu membahu, dan saling membutuhkan.
  3. Sila ketiga: Persatuan Indonesia (Simbol pohon beringin)
  4. Pohon beringin digambarkan sebagai Negara Indonesia, di mana semua rakyat Indonesia dapat 'berteduh' di bawah Negara Indonesia. Pohon beringin yang bersifat menjalar ke segala arah dikorelasikan dengan keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Indonesia.
  5. Sila keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan (Simbol kepala banteng) Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah, di mana orang-orang berdiskusi untuk melahirkan suatu keputusan.
  6. Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Simbol padi dan kapas) Padi dan kapas merupakan simbol pangan dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyatnya secara merata.

Fungsi dari Pancasila

Pancasila berfungsi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keragaman di Indonesia. Beberapa fungsi lambang Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  • Sebagai simbol nasional: Lambang Pancasila diakui sebagai simbol negara resmi dan digunakan dalam berbagai kegiatan resmi maupun non-resmi, seperti dalam acara peringatan hari kemerdekaan, pada bendera dan stempel negara, serta digunakan sebagai lambang dalam berbagai institusi negara.
  • Sebagai dasar moral dan etika: Sila-sila Pancasila dijadikan sebagai dasar moral dan etika dalam kehidupan bernegara dan berbangsa.
  • Sebagai pedoman dalam pendidikan: Pancasila dijadikan sebagai pedoman dalam pendidikan untuk membentuk karakter siswa yang bermoral dan bertanggung jawab.
  • Sebagai dasar pemerintahan: Pancasila dijadikan sebagai dasar pemerintahan yang demokratis dan bertanggung jawab kepada rakyat.
  • Sebagai dasar dalam menjaga persatuan dan kesatuan: Pancasila dijadikan sebagai dasar dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam keragaman, serta menciptakan kesejahteraan sosial yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia.