Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Fungsi Simpatika Kemenag

SIMPATIKA merupakan singkatan dari Sistem informasi pendidik dan tenaga kependidikan kemenag.
Simpatika adalah sistem online pengendalin dan pengawasan internal PTK dari kemenag yang merupaka lanjutan dari program padamu negeri yang di selenggarakan Kemendikbud sejak 20 mei 2013 sampai juni 2015.

Pada 17 agustus 2017 kemenag mulai mengembangkan secara mandiri layanan SIM PTK yang memiliki basis yang sama dengan SIAP Padamu Negeri hasil kerjasma sama dengan PT. Telkom Indonesia.

Dengan adanya layanan SIMPATIKA Kemenag dapat mengembangkan berbagai program kerja yang bertujuan untuk kepentingam PTK kemenag, program kerja ini diantaranya Digitalisasi portofolio PTK, beasiswa PTK, diklat PTK, tunjangam PTK, pemetaan mutu PTK, sertifikasi PTK, verval Inpassing, verval NRG, alih tugas tambahan, NPK, SKMT dan SKBK online, registrasi UKG, seleksi sertifikasi, dan beberapa program lain dari kemenag, tidak menutup kemungkinan kedepan akan ada program - program baru dari kemenag.

Prosen pembuatan data Pada SIMPATIKA akan berjenjang dan melibatkan berbagai individu, dimulai dari individu PTK, pimpinan Madrasah atau sekolah, kantor kemenag kabupaten/kota, kantor kemenag provinsi, hingga yang tertinggi kantor kemenag pusat.

Setelah sedikit mengetahui apa itu SIMPATIKA serta awal mula pembutan dan tujuannya mari kita bahas selanjutnya mengenai kelebiha SIMPATIKA.
  1. Data langsung update ( realtime online transsction process )
  2. Sistem dan data base terbagi dalam beberapa data center ( distributed system and data base based  on cloud technologiy )
  3. Sistem membuat semua transaksi data sesuai prosedur dan terekam dalam riwayat ( rules by system )
  4. Pengguna data atau PTK dineri hak akaes layanan personal guna melakukan pemutahiran data secara mandiri.
Itulah kelebihan dari SIMPATIKA sepertihalnya sebuah system jika terdapat kelebiha maka juga terdapat kelemehan.
Kelemahan dari SIMPATIKA adalah lemahnya kontrol dan pengendalian internal  mengenai validasi sertifikasi dan tunjangam guru.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai apa itu simpatika, kelebihan serta kekurangan dari sistem ini.  Semoga artikel ini dapat menjadi jawaban atas pertanyaan anda mengenai sistem simpatika.