Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pandangan Teknologi Menurut Islam


Bissmillahirahmaanirrohim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat seluruh para hadirin.

Pada hari ini, mari kita panjatkan puji syukur akan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya kita semua bisa berkumpul di sini. Kemudian mari kita panjatkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW yang membimbing kita menuju jalan Islam yang penuh dengan cahaya keimanan.

Sebagai seorang muslim, menuntut ilmu mutlak hukumnya. Bahkan, Baginda Rasul saja menyarankan kita untuk menuntut ilmu hingga ke negeri China. Hal ini membuktikan bahwa ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh Allah SWT sangatlah luas. Bahkan, menuntut ilmu adalah ibadah dan sudah tertuang di dalam Al-Quran.

Salah satu ayat yang mengharukan umat islam untuk menuntut ilmu adalah Qs Al Mujadalah Ayat 11, di mana Allah akan meninggikan orang-orang berilmu dan beriman.

Dengan adanya ilmu pengetahuan itulah, lahirlah teknologi yang kita kenal saat ini. Teknologi ada untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dan hal tersebut halal serta diperbolehkan dalam islam.

Contohnya saja, teknologi nano yang sudah bisa digunakan untuk mengobati orang akan suatu penyakit tertentu. Teknologi macam itulah yang diharapkan untuk dikembangan untuk kebaikan orang banyak. Kemudian ada juga robot yang merupakan teknologi modern untuk merawat orang lansia.

Satu hal yang pasti, perkembangan teknologi sedang berkembang pesat saat ini. Apabila, kita sebagai umat muslim berhenti menuntut ilmu, maka celakalah kita karena kita bisa tertinggal dengan negara lain. Negara ini akan sangat rentan dijajah. Bukan dijajah dengan senjata api seperti dahulu, tetapi dijajah dalam bentuk baru dengan menggunakan peralatan modern.

Demikian pidato bahasa indonesia yang singkat tentang teknologi menurut islam. Apabila ada suatu hal yang kurang berkenan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.