Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Cara Mengatasi Anak Susah Belajar

Anak Belajar

Setiap anak pasti akan melewati fase sulit diatur, termasuk dalam hal urusan belajar ada kalanya anak susah untuk disuruh belajar.

salah satu penyebab anak susah untuk disuruh belajar adalah mungkin karena bidang tersebut tidak sesuai dengan minat dari si anak, oleh karenaya ada baiknya para orang tua menggali minat dan potensi anak sejak dini dan hindari memaksa anak untuk belajar dengan memarahinya atau dengan memberikan ancaman pada anak.

Berkut adalah tips bagi para orang tua agar anak mau dan semangat belajar secara mandiri

Membuat Jadwal Belajar

Anak memiliki fase dalam belajar yaitu mulai dari fase TK sampai ke perguruan tinggi karena pebedaan ini maka waktu belajarnya juga akan berbeda beda. untuk anak yang berada pada usia sekolah dasar para orang tua dapat memulai membiasakan anak untuk belajar 2 jam dalam sehari.

Jangan Memaksa Anak Belajar Secara Terus Menerus

Sebaiknya hindari anak untuk belajar secara terus menerus, cobalah mengajak anak untuk beristirahat sejenak setelah anak pulang sekolah agar dapat memberikan jeda dan kondisi anak menjadi tenang dan santai ketika memulai belajar nanti dan coblah tanyakan mengenai kegiatanya di sekolah.

Mematikan Gadget Anak Saat Belajar

Pada saat anak sedang belajar sebaikya orang tua memtikan semua alat elektronik seperti Gadget, TV, Handphone dan alat elektronik lainya yang dapat mengganggu belajar anak, tujannya supaya anak dapat fokus belajar.

Membrikan Saran Dan Solusi 

Setelah melakukan aktifitas belajar sebaiknya orang tua menanyakan mengenai kegiatan dan aktifitas sekolah serta tanyakan juga apakah ada kendala atau kesulitan dalam pelajaran diikuti, jika ada segera berikan solusi dan motivasi pada anak.

Rancang Jadwal Rutinitas Anak

Jika anak anda mengikuti kegiatan lain selain sekolah seperti les musik, bimbel dan kegiatan olah raga, sebagai orang tua coba buat perencanaan rutinitas agar anak punya waktu bermain dan belajar yang seimbang

Demikianlah Cara Mengatasi Anak Susah Belajar semoga bermanfaat dan menambah wawasan.