Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Permasalahan Dan Solusi Gagal Registrasi Akun Emis Kepala Madrasah

Solusi Gagal Registrasi Akun Emis Kepala Madrasah

Pada artikel ini akan membahas menganai Permasalahan Dan Solusi Gagal Registrasi, verifikasi ataupun login Akun Emis Kepala Madrasah pada layanan Emis baru berikut penjelasanya.

Setiap madrasah wajib untuk mendaftarkan kepala sekolahnya di akun emin hal ini berdasarkan surat edaran Dirjen Pendis Nomor B-602/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tanggal 1 Maret 2021 dan kembali dipertegas denagan surat bernomor B-636/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tanggal 4 Maret 2021

Dalam pelaksanaan proses registrasi dan aktivasi akum kepala madrasah mengalami banyak kendala, berikut adalah daftar Permasalahan Dan Solusi dalam proses registrasi dan aktivasi akum kepala madrasah.

Kode Regsitrasi Tampil/Muncul Pada Dashboard

Kode registrasi ini biasanya terdiri dari 10 digit kombinasi angka dan huruf , kode regsitrasi didapat pada halaman dashboard dengan login menggunakan akun operator atau dengan akun emis biasa pada halaman emis yang baru. https://emis.kemenag.go.id

Kendala yang sering terjadi adalah madrasah tidak mendapat kode registrasi ini, bagaiaman solusinya ?
Solusinya adalah madrasah mengisi form bantuan Helpdesk Emis 4.0 pada laman : https://bit.ly/HelpdeskEMIS

tunggulah balasan dari Tim Helpdesk Emis atau lakukan cek secara berkala pada dashboard emis, apakah Kode registrasi sudah muncul atau belum.

Cek NIK dan Pasword Kembali

Muncul "Logo Gagal" pada saat proses registrasi setelah memasukan NIK dan Kode Registrasi, pertama coba cek kembali NIK dan Password Anda

solusi dari masalah di atas adalah
  • Buka Laman https://emis.kemenag.go.id dengan menggunakan akun operator pastikan pula aklo kode registrasi sudah benar
  • Cara ke  2 adalah buka laman http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/ lalu cek pada bagian menu Kelembagaan > Profile Lembaga > Kepala Madrasah, setelah masuk cek data data kepala madrasah apakah sudah terisi dengan benar atau belum, jika ternyata kosong atau terdapat kesalahan coba hubungi  admin kabupaten / kota setempat untuk didaftarkan.
  • cara ke 3 adalah dengan membuka emis lama masuk menu GTK > Klik Detail pada nama GTK yang menjabat sebagai kepala madrasah setelah terbuka Coba cek apakah NIK sudah benar, jika ada perbedaan gunakan dulu NIK yang ada pada Emis lama tersebut.

Muncul "Maaf Data Sudah diverifikasi

Saat registrasi dan setelah memasukan NIK dan Nomor Registrasi Muncul Keterangan "Maaf, data sudah diverifikasi silahkan login menggunakan email & password yang sudah di daftarkan" apa artianya ?

Ini artinya anda sudah pernah melakukan registrasi dan berhasil, jika demikian coba gunakan email dan password yang sebelumnya telah didafarkan, jika anda lupa email untuk loginnya silakan untuk menghubugi admin Kab/Kota untuk mengecek Emailnya.

Lupa Password

Pertama adalah Pastikan proses registrasi dan verifikasi telah berhasil
  • Buka laman dan login Emis Baru
  • Klik "Lupa Password"
  • Silakan email yang digunakan login pada kotak notifikasi, 
  • Klik captcha
  • Klik tombol "selanjutnya"
  • Kode verifikasi akan terkirim ke email. Cari email dari "Emis Notification" Kode berupa kombinasi huruf dan angka 6 digit.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email tadi 
  • Masukan passwoard pada kolom Password Baru dan Konfirmasi Password tersebut
  • Terakhir Klik SIMPAN
  • Maka akan Muncul kotak notifikasi "Data sudah benar?", klik YA