Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Apa Perbedaan NI PPPK dan NIP PNS

Sahabat Kali ini Aistijournals akan sedikit mengulas mengenai apa perbedaan antara nomor induk PNS dengan nomor induk PPPK. 

PPPK merupakan singkatan dari "Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja". PPPK adalah jenis kepegawaian di sektor publik di Indonesia yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah pegawai yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan kewajiban sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah. PPPK memiliki perjanjian kerja dengan instansi pemerintah, berbeda dengan ASN yang diangkat berdasarkan undang-undang.

Setelah disahkan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menunjukkan bahwa kelompok profesi ASN terdiri atas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

PNS merupakan sistem kepegawaian yang lebih dahulu lahir dan melalui undang-undang ASN melahirkan jenis dan sistem kepegawaian baru di Indonesia yaitu PPPK.

Untuk PNS diperjelas dengan PP nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan sedangkan PPPK diperjelas dengan PP nomor 49 tahun 2014 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. 

Kedua jenis ASN ini sama-sama diberikan NIP oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara). NIP (Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil) untuk PNS dan NI PPPK (Nomor Induk Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) untuk PPPK. berikut adalah Perbedaan NI PPPK dan NIP PNS.

Perbedaan NI PPPK dan NIP PNS

NI PPPK (Nomor Induk Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja)



Keterangan:
1983  : tahun kelahiran seorang PPPK
    05  : bulan kelahiran seorang PPPK
    16  : tanggal kelahiran seorang PPPK
2019  : tahun pengangkatan sebagai PPPK
    21  : frekuensi PPPK, ini sama dengan kode angkatan PPPK
      1  : kode jenis kelamin seorang PPPK, untuk pria berkode 1 dan wanita berkode 2
  001  : urutan angka PPPK, digit 1-15 sama

NIP (Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil)


Keterangan:
1992  : tahun kelahiran seorang PNS
    09  : bulan kelahiran seorang PNS
    26  : tanggal kelahiran seorang PNS
2017  : tahun mulai tugas sebagai CPNS
    05  : bulan mulai tugas sebagai CPNS
      1  : kode jenis kelamin seorang PNS, untuk pria berkode 1 dan wanita berkode 2
  001  : indeks urutan PNS


Dengan demikian dapat disimpulkan perbedaan antara  NI PPPK dan NIP PNS tidak lah terlalu terlihat, perbedaanya hanya pada Tahun Pengangkatan Untuk NI PPPK dan TMT CPNS untuk NIP PNS.

Demikian Sedikit Ulasan Mengenai Perbedaan NI PPPK dan NIP PNS semoga dapat bermanfaat.