Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Kumpulan Teks Pidato Singkat Berbagai Tema


Kumpulan Teks Pidato Singkat Dengan Berbagai Tema 

Teks pidato adalah sebuah tulisan yang disusun untuk diucapkan secara lisan dalam suatu acara atau situasi tertentu. Pidato digunakan sebagai alat untuk menyampaikan gagasan, pendapat, informasi, atau pesan kepada audiens dengan tujuan mempengaruhi, menginspirasi, mengedukasi, atau menghibur. Pidato dapat beragam bentuknya tergantung pada konteks dan tujuan penyampaiannya.

Sebuah pidato biasanya memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian utama, seperti:
Pendahuluan (Introduction): Bagian ini memperkenalkan diri sebagai pembicara, memperkenalkan topik pidato, serta menarik perhatian audiens dengan pernyataan atau kutipan yang kuat. Pendahuluan harus dapat mengaitkan audiens dengan topik yang akan dibahas.

Pengembangan (Body): Bagian ini merupakan inti dari pidato, di mana pembicara secara rinci menguraikan gagasan, argumen, atau informasi yang ingin disampaikan. Pengembangan dapat terdiri dari beberapa poin yang mendukung topik utama, dan setiap poin dijelaskan secara terperinci.
Klimaks atau Puncak (Climax): Ini adalah bagian di mana pesan atau argumen utama mencapai puncaknya. Biasanya, bagian ini digunakan untuk menyampaikan pesan inti dengan penuh keyakinan dan emosi.

Penutup (Conclusion): Bagian penutup berfungsi untuk merangkum kembali poin-poin penting yang telah disampaikan dalam pidato, memberikan kesimpulan atau ringkasan, serta menekankan kembali pesan utama kepada audiens.

Kalimat Penutup (Closing Statement): Sebuah kalimat penutup yang kuat digunakan untuk mengakhiri pidato dengan kesan yang tajam dan mengesankan.

Panggilan untuk Tindakan (Call to Action, jika relevan): Dalam beberapa pidato, terutama yang memiliki tujuan persuasif, pembicara dapat mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu setelah mendengarkan pidato.

Teks pidato dapat disusun dengan baik untuk menciptakan dampak yang positif pada audiens. Penting untuk memahami audiens yang akan dihadapi, merencanakan pidato dengan baik, menggunakan bahasa yang jelas dan persuasif, serta menyampaikan pesan dengan penuh keyakinan.


Contoh Pidato Singkat Pentingnya Ilmu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan banyak sekali limpahan rahmat dan juga kesempatan bagi kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di acara yang berbahagia ini.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang cukup singkat tentang pentingnya menuntut ilmu. Karena pada dasarnya, dengan ilmu, hidup kita akan lebih mudah dan juga berkah. Selain itu, ilmu juga bisa meninggikan derajat kita dan akan mendapatkan kebaikan di sisi Tuhan.

Lalu, di dalam konteks yang lebih besar, ilmu juga dapat mendorong sumber daya manusia dari sebuah bangsa menjadi lebih baik lagi. Dengan SDM yang mumpuni, maka suatu negara akan lebih maju dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Maka dari itu, dari yang masih kecil hingga tua, menuntut ilmu adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan karena kita sudah mulai tua, lantas menjadi malas untuk menuntut ilmu. Karena ilmu itu memiliki arti yang sangat luas.

Demikian pidato singkat tentang pentingnya menuntut ilmu. Walaupun singkat, namun semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalau'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Pidato Singkat Pentingnya Kesehatan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yang terhormat Bapak/Ibu, dan teman-teman yang saya cintai Segala puji dan syukur kita panjatkan bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat mengenai "Pentingnya Menjaga Kesehatan Sejak Dini" agar kita semua yang ada disini bisa sadar akan kesehatan tubuh kita.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin Anda pernah mendengar kata pepatah yang bilang bahwa "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"

Kata pepatah ini secara tidak langsung telah menyadarkan kita bahwa memiliki tubuh yang sehat tentu akan membuat pikiran dan jiwa kita menjadi sehat.

Ada pula slogan yang mengatakan bahwa "kesehatan sangat mahal", secara tidak langsung slogan ini juga menyadarkan kita bahwa betapa mahalnya harga untuk menjadi sehat.Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian coba bayangkan keadaan kita sekarang, kita harus bersyukur karena masih diberikan nafas untuk dapat menikmati hidup.

Namun, coba bayangkan pula jika tiba-tiba Anda terkena penyakit stroke atau terkena serangan jantung, tentu menyeramkan bukan?

Karena selain harus mengeluarkan biaya besar untuk mengobati penyakit tersebut, Anda juga akan membuang banyak waktu kita secara sia-sia karena harus dirawat di rumah sakit.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh terbukti menjadi satu hal yang sangat penting untuk kita semua lakukan agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kita.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, jika kita dapat menjaga kesehatan sedari sekarang maka kita semua pun bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman pula.

Tubuh yang sehat secara tidak langsung akan membuat kita lebih berkonsentrasi dalam belajar serta bekerja dan juga membuat daya tangkap dan ingat kita menjadi lebih baik saat belajar.

Kenapa demikian? Karena tubuh sehat lah yang memacu otak kita untuk dapat bekerja secara optimal.Menjaga kesehatan juga tidak hanya baik untuk diri kita, tetapi juga untuk masa depan bangsa kita.

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang dihuni oleh masyarakat yang sehat baik secara jasmani maupun secara rohani.

Namun, jika suatu bangsa dihuni oleh masyarakat yang tidak sehat apalagi rohaninya, maka masa depan bangsa tersebut pula akan hancur karena ulah masyarakatnya sendiri.

Bapak/Ibu, dan teman-teman sekalian, mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini.

Semoga apa yang telah saya sampaikan ini berguna buat kita semua terutama dalam menjaga kesehatan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Contoh Pidato Singkat tentang Cara Disiplin

Selamat siang. Salam sejahtera bagi kita semuaSegala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga bisa berkumpul di tempat ini.

Terima kasih juga saya panjatkan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah datang untuk berkumpul di tempat ini.Dalam kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang kedisiplinan siswa di sekolah.

Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan tentang kedisiplinan siswa di sekolah.

Saya sering menemukan banyak murid yang masih sering melanggar aturan yang dibuat untuk menjaga kedisiplinan selama berada di lingkungan sekolah.

Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus terbiasa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang dan lebih konsen lagi.

Murid-muridku terkasih, kalian harus tahu bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang mulailah untuk lebih berdisiplin lagi dengan cara tidak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tidak makan di dalam kelas, dan tidak berkelahi sesama murid lainnya.

Murid-muridku terkasih, kalian tidak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus mentaatinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga merupakan salah satu sikap disiplin, rendah hati pun demikian.

Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang bisa kalian lakukan agar dapat disiplin di sekolah.Demikian yang dapat saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin merupakan kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat berguna bagi kita semua.

Terima kasih saya haturkan sebelumnya. Selamat siang.


Contoh Pidato Singkat Manfaat Gotong Royong

Assalamualaikum Wr Wb.

Yang terhormat Bapak/Ibu Guru dan juga teman-teman yang saya banggakan. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Alloh SWT atas Rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita semua bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Seperti yang kita semua tahu bahwa masyarakat Indonesia dikenal sangat senang membantu dan bahu membahu. Salah satu buktinya yaitu dengan adanya budaya gotong royong. Gotong royong atau kerja bakti ini adalah salah satu hal yang sangat positif. Dengan adanya gotong royong ini, maka rasa kebersamaan dan juga toleransi akan semakin tinggi.

Budaya gotong royong adalah kunci perdamaian untuk masyarakat Indonesia yang heterogen, karena bangsa ini terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda. Namun sayangnya, seiring dengan perkembangan zaman, budaya gotong royong yang ada di masyarakat Indonesia seakan sedikit demi sedikit menghilang.

Saat ini, kebanyakan orang disibukkan dengan urusan pribadinya masing-masing. Sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk bersosialisasi dan untuk memperhatikan kepentingan sosial masyarakat. Untuk itu. marilah kita mengawali segala sesuatunya dari diri kita sendiri, cobalah untuk menyempatkan sedikit waktu kita untuk bersosialisasi dengan warga dan lingkungan di sekitar kita.

Marilah kita lanjutkan dan kembangangkan warisan budaya luhur bangsa kita agar kita dapat menghadapi globalisasi yang sedang terjadi saat ini. Jadi kesimpulannya, gotong royong adalah salah satu budaya luhur dari bangsa Indonesia yang bermanfaat untuk membuat setiap pekerjaan menjadi terasa lebih ringan, dapat mempercepat penyelesaian pekerjaan, dan juga mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. Mohon maaf jika ada kata yang salah ataupun kurang jelas. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb


Contoh Pidato Singkat tentang Ibu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT karena kita semua disini masih diberikan kesempatan untuk bertemu berkumpul bersama dalam acara ini. Alhamdulilah kita ucapkan karena kita semua masih diberikan nikmat badan yang sehat, sehingga kita semua bisa bersilaturahmi.

Teman-teman dan hadirin yang dirahmati Allah SWT, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat mengenai seseorang yang selalu kita sayangi kehadirannya di dalam hidup kita, yakni ibu.

Di dalam ajaran agama Islam, kita diwajibkan untuk menghormati ibu dan bahkan menempatkannya di dalam prioritas utama kita. Bahkan, Rasul juga menyebutkan ibu sebanyak tiga kali, baru setelah itu bapak untuk menghormati dan menyayanginya. Lalu di dalam surat Al Isra, Allah menyebutkan, "Dan Tuhanmu telah memberi perintah, agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah dirimu berbuat baik pada ibu dan bapakmu."

Di dalam ayat tersebut jelas dikatakan bahwa kita sebagai seorang anak wajib menghormati kedua orang tua, terutama ibu. Kita juga tidak diperbolehkan untuk berkata 'ah', apalagi sampai membentak dan berkata kasar kepada ibu. Karena ibulah, kita bisa terlahir di dunia ini dan Allah memberikan amanah melalui ibu dan bapak kita.

Ibu sudah sangat berperan dan berjasa besar dalam kehidupan kita, bahkan sejak kita masih di dalam kandungan. Ibu sudah mengandung selama sembilan bulan lamanya dan harus bersusah payah melahirkan kita dengan rasa sakit yang sangat luar biasa. Saat kita lahir, ibu yang masih kesakitan tanpa mengenal pamrih memberikan seluruh kasih sayang dan juga perhatiannya kepada kita, yakni anaknya tersayang. Oleh sebab itu, munculah sebuah pepatah, kasih ibu sepanjang masa dan pastinya pepatah itu benar adanya. Ya bukan?

Dari perjuangan ibu sejak kita masih di dalam kandungan dan setelah kita lahir, ibu selalu ikhlas memberikan kasih sayang tanpa berharap kita bisa mengembalikan apapun.

Seperti sebuah lagu anak-anak,

"Kasih ibu kepada betaTak terhingga sepanjang masaHanya memberi tak harap kembaliBagai sang surya, menyinari dunia."

Selain tidak mengharapkan apapun, surga yang kita harap di dunia ini juga ada di bawah telapak kaki ibu. Pastinya hal tersebut tidak bisa kita maknai secara harfiah. Namun, itu artinya ibu mempunyai jasa yang sangat besar, sampai surga berada di bawah telapak kakinya dan bahkan ridho Allah juga ada pada ridho ibu dan kedua orang tua.

Untuk itu, kita semua wajib berperilaku baik dan berbakti pada ibu sampai akhir hayat. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka karena tidak mau menuruti perkataan ibu, atau sekadar menolak membantu ibu untuk mengurus persoalan rumah.

Karena dengan berbakti kepada ibu dan juga orang tua, maka Allah akan memberikan limpahan nikmat dan juga rahmat-Nya kepada kita semua. Demikian pidato singkat saya tentang ibu kali ini. Semoga kita semua mendapatkan manfaat dari pidato yang saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh Pidato Singkat Manfaat Internet

Assalamualaikum W.W

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya hingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat.

Terima kasih teman-teman sudah menyempatkan waktunya untuk datang ke ruangan ini. Maksud saya adalah saya ingin menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya teknologi internet di zaman sekarang ini.

Di zaman sekarang ini, internet tentunya telah menjadi hal yang bisa dibilang paling banyak dilakukan. Kata internet sudah tidak asing lagi bagi kita. Teknologi internet sudah mengalami kemajuan sampai saat ini. Dahulu internet jarang dipakai.

Namun, sekarang internet sudah banyak yang memakai. Kemajuan teknologi internet karena adanya globalisasi.

Dahulu internet hanya digunakan untuk bersosialisasi,sedangkan sekarang internet sudah bisa dipakai untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Saat ini, internet sudah sering digunakan oleh masyarakat. Internet juga dibutuhkan oleh pelajar sampai dewasa. Dengan kata lain internet juga dapat membantu pekerjaan kita.Internet tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan, tetapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi yang luas. Ternyata kegunaan internet dapat membantu kita untuk meringankan pekerjaan.

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang teknologi internet sudah sangat berkembang. Dahulu, teknologi internet hanya bisa menggunakan ponsel.

Namun, sekarang internet sudah bisa menggunakan laptop ataupun komputer. Sekarang anak-anak sampai dewasa pun sudah bisa menggunakan internet. Sekarang, di zaman modern saat ini internet sudah sangat sering digunakan.

Jadi, manfaat internet ada banyak terutama dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Sekarang laptop, ponsel, dan komputer juga bisa digunakan untuk membuka internet.

Harapan saya, semoga teman-teman semua dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya. Terima kasih teman-teman karena sudah mendengarkan pidato saya. Wassalamualaikum W.W


Contoh Pidato Singkat Persatuan Indonesia

Yang terhormat Bapak/Ibu...Dan hadirin/Teman-teman sekalian yang kami muliakan/hormati/cintai!

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Taala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga pada hari ini kita masih dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Bapak/Ibu... Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan.

Dengan diadakannya peringatan Hari ... semoga kita lebih dapat meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa ini akan lebih meningkat dan daya juang kita terhadap bangsa dan negara kita ini harus lebih diperkokoh, kita harus lebih dapat mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk membangun kebersamaan kita dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan muda kita di tahun 1928 (Perjuangan para pahlawan kita di saat merebut kemerdekaan bangsa ini) maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat persatuan mereka saat itu yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebatnya menyatu pada jiwa para pemuda yang tercecer dalam berbagai wadah.

Namun demikian, tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah usai.Semangat perjuangan mereka dalam mempersatukan bangsa ini harus tetap dipelihara dan dipertahankan, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Bapak/Ibu... Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu, masih banyak yang harus kita benahi.

Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus, hendaknya mempertahankan kebersamaan ini. Demi keutuhan bangsa kita yang tercinta ini.

Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib meningkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara.

Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita bangsa ini.

Bapak/Ibu... Juga para Hadirin Yang Kami Muliakan Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridho Allah Subhanahu wa Taala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal alamin.Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Contoh Pidato Singkat Merawat Lingkungan

Para hadirin yang berbahagia. Kali ini saya akan akan menyampaikan sedikit tentang merawat lingkungan.

Di masa kini, masalah lingkungan merupakan hal yang kerap kita abaikan. Asap kendaraan menghitam di udara. Sampah ada di mana-mana.

Sampai kapan kita abai? Maka dari itu dapat saya sampaikan, penting bagi kita untuk menjaga lingkungan, tempat di mana kita beraktivitas sehari-hari, tempat tinggal kita.

Izinkan saya untuk menyampaikan beberapa langkah kecil yang bisa kita lakukan, yakni mengubah pola pikir kita. Meski terlihat remeh, namun pembentukan pola pikir sangatlah berpengaruh.

Dimulai dari kebiasaan kecil, membuang sampah pada tempatnya. Baik sampah kecil di pinggir jalan, hingga setumpuk sampah limbah rumah tangga. Jangan lagi buang sampah ke pinggir jalan, apalagi ke aliran kali dan sungai.

Jangan lagi kita membuang-buang makanan. Ambil porsi secukupnya, berikan makanan pada sesama yang membutuhkan. Jangan lagi kita membuangnya secara sia-sia. Marilah kita bekerja sama, menanam pohon di sekitar lingkungan rumah kita, membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat oleh penumpukan sampah.Perlu kita sadari bahwa pencemaran lingkungan bukan hanya berdampak pada kerusakan lingkungan, melainkan juga berdampak pada kesehatan kita. Munculnya penyakit-penyakit ringan, hingga berat, yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Maka dari itu, kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting, menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman, dan meminimalisir timbulnya penyakit. Karena jika kita abai, lantas generasi mana lagi yang sanggup memulainya? sanggupkah anak cucu kita memulainya, sempatkah jika anak cucu kita yang memulainya?


Contoh Pidato Singkat Saat Hari Guru

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat.

Bapak Kepala Sekolah, Bapak/Ibu dewan Guru serta para Staff dan siswa siswi yang saya cintai di (Isikan nama/tempat Sekolah).

Tak lupa juga untuk para tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir di acara hari ini yaitu peringatan Hari Guru 25 November.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam acara memperingati Hari Guru.

Para hadirin yang saya hormati,Kita tahu bahwasanya di Indonesia ini sering berganti-ganti kurikulum dan sistem pendidikan setiap tahunnya, jika dibandingkan dengan negara lain mungkin sistem pendidikan di negara kita masih jauh dari harapan kita.

Namun bagaimanapun juga, Indonesia sangatlah kaya dengan tenaga pengajarnya yang tak pernah lelah mengajarkan anak-anak bangsa yang mudah-mudahan kelak menjadi manusia yang berguna bagi bangsa kita.

Hadirin yang terhormat, di hari Guru ini, saya akan menyampaikan kesan maupun pesan selama saya menjadi Guru atau tenaga pengajar, maka pada hari yang cukup membanggakan ini, marilah kita bersama-sama menjaga erat tali persaudaraan kita dengan sesama tenaga pengajar maupun dengan anak didik kita.Karena kita tahu, masih banyak Guru-guru yang kurang begitu memahami kondisi siswa dengan cara pengajarannya dan ilmu-ilmu yang kita berikan.

Untuk itu, saya mewakili segenap Guru SMPN 03 Losari mengucapkan, selamat Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).Semoga ilmu dan amal yang kita berikan kepada anak bangsa diberkahi oleh Allah SWT.Mungkin hanya ini pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Contoh Pidato Singkat Perayaan Maulid Nabi

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Dengan memuji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih ditaqdirkan oleh Allah, bisa berkumpul muka di masjid yang mulai ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Mudah-mudahan pertemuan kita pada malam ini membawa kebaikan dunia dan akhirat, amiin. Selanjutnya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Saw, karena beliau, yang telah berhasil membawa, agama islam yang penuh dengan rahmatnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia, malam ini kita berkumpul di masjid perlu memperingati hari kelahiran Nabi Saw.

Karena bulan Rabi'ul awal ada peristiwa yang terpenting yaitu Iahirnya nabi kita Muhammad Saw. Beliau lahir membawa rahmat, yakni agama islam, sehingga yang asalnya kita di alam jahiliyah menuju alam terang benderang, sehingga bisa membedakan mana yang haq dan yang bathil.

Kita bisa membayangkan bagaimana Nabi saw. sebelum lahir di muka bumi tentunya umat dalam keadaan rusak, wanita telah diperbudak lelaki, adat jahiliyah memasyarakat, yang miskin tambah miskin, yang kaya tambah kaya, begitulah seterusnya.Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.Setelah islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw, maka isi tatanan jahiliyah bisa berubah dengan total menjadi adat islami, sehingga yang dulunya saling menindas, akhirnya saling bantu membantu antara yang satu dengan yang lainnya.

Perlu diketahui, bahwa menurut sejarah islam, Nabi Muhammad Saw. lahir tepatnya pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun Gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. Dinamakan tahun gajah, karena tepatnya lahir Nabi Saw, banyak tentara mengendarai gajah yang hendak menghancurkan pasukan Ka'bah yang dipimpin oleh gubernur Yaman bernama Abraha.

Tetapi tujuan yang jahat itu sama sekali tidak bisa dicapai, karena dihujani batu kerikil oleh burung ababil dari neraka.Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.Nabi Muhammad Saw, lahir dalam keadaan yatim, karena kurang lebih tujuh bulan Ayahnya wafat yaitu Abdullah.

Ibunya bernama Siti Aminah. Bagi kita orang-orang Islam yang terpenting dalam memperingati peristiwa ini kita senantiasa mencontoh budi pekerti Nabi Saw. yang sangat mulia, sekaligus menjadi panutan orang-orang yang menginginkan bertemu dengan Allah Swt.Dalam hal ini, Allah berfirman sebagaimana yang tercantum dalam SuratAl-Ahzab: ayat 21.

Artinya:Sesungguhnya Rasulullah (Muhammad Saw) menjadikan teladan yang baik bagi kamu dan untuk orang-orang yang mengharapkan memenuhi Tuhan dan hari kemudian,dan yang mengingati Tuhan sebanyak-banyaknya.

Demikian sambutan kami, bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan dalam hari kami minta maaf yang sebesar- besamya.Mudah-mudahan yang saga sampaikan tadi membawa manfaat, ihdinash shirathal mustaqim,Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

contoh teks pidato singkat yang dikutip dari Cara Praktis Belajar Pidato MC dan Penyiar Radio karya Ristina Y. Puspita, Menjadi Ahli Pidato dan MC Itu Ada Seninya karya Burhan Fanani, dan berbagi sumber lainnya.


Pidato Singkat tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum W.W.
Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat berkunpul di sini dengan sehat walafiat. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua, saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Memang betul, kita harus cinta pada tanah air kita karena kita, Bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam. Kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah Swt. yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah, kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri. Ji ka kita ingin membeli barang kebutuhan,kita membeli saja di negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah. Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai hingga anak cucu. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan, lagu, dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. 

Sebelum saya menutup pidato saya, saya ingin menekankan kesimpulan pidato ini, yakni kita harus saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya, sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak, saya akan mengucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum W.W.


Pidato Tentang Menjaga Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah Swt. karena berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada hari yang cerah ini.
Teman-teman yang saya banggakan, pertama-tama, perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Satu di antara cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMA N xx Kota xx. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur, dan PSN 30 menit setiap hari Jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk ades aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.
Penutup Pidato Menjaga Lingkungan

Teman-teman sekalian, sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman", maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.