Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Tips Mendidik Anak Agar Disiplin Sejak Dini


Salah satu tantangan yang kini tengah dihadapi orangtua ialah menerapkan kedisiplinan pada anak, baik soal dalam soal membagi waktu dan lainnya. Pasalnya, selama di rumah, anak cenderung lebih santai dalam mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Itulah mengapa, kedisplinan perlu ditanamkan sejak dini.

Tips Mendidik Anak Agar Disiplin Sejak Dini

  1. Membangun hubungan erat antara orangtua anak Orangtua, membentuk hubungan yang sangat emosional di masa 6 tahun pertumbuhan anak. Caranya, mereka melakukan pengasuhan sendiri dan minim bahkan tanpa bantuan pengasuh atau orang lain. 
  2. Orang tua menjadi panutan yang baik untuk anak, Orang tua harus siap untuk menjadi contoh dan menunjukkan cara melakukan sesuatu, termasuk kedisiplinan. Dengan begitu, orangtua tidak hanya memerintah anak untuk hal-hal yang dikehendaki, namun bersama-sama dengan anak melakukannya.
  3. Menanamkan sifat saling menghargai Anak dibiasakan tidak memandang status atau jabatan setiap orang. Sehingga anak memiliki sikap yang sopan dan mampu menghargai orang lain
  4. Orangtua menghargai emosi anak Anak diajarkan untuk memahami dan menghargai perasaan orang lain, termasuk hewan, tumbuhan dan benda mati. Tujuannya, agar anak mampu menghargai orang lain dan lingkungan di sekitarnya.