Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Unduh Contoh Makalah Media Pembelajaran Sejarah

Makalah ini berjudul “Karakteristik Media Cetak (Printed) dan Non Cetak (Elektronis) / Media Pembelajaran Berbasis Audio/ Media Pembelajaran Berbasis Media Proyeksi”

Segala puji bagi Allah SWT yang maha pengasih lagi Maha Penyayang, shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau, serta pengikut beliau hingga akhir zaman.

Alhamdulillah, atas karunia dan rahmat yang diberikan kepada kami, sehingga makalah ini dapat disusun dan diselesaikan berdasarkan waktu yang telah diberikan untuk memenuhi salah satu tugas kami. Makalah ini berjudul “Karakteristik Media Cetak (Printed) dan Non Cetak (Elektronis) / Media Pembelajaran Berbasis Audio/ Media Pembelajaran Berbasis Media Proyeksi”

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada dosen pengasuh mata kuliah Media Pembelajaran Sejarah yang telah memberikan pengetahuan kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.

Kami menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami berharap pembaca bisa memberikan kritik dan saran-saran yang membangun dan memotivasi tim penyusun untuk lebih baik lagi dalam membuat makalah. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca maupun yang menulis. Amin yarabbal a’lamiin.

Latar Belakang

Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pengajaran (Djamarah, 2002:137). Sedangkan pembelajaran merupakan proses, cara, perbuatan yang menjadikan orang atau makhluk hidup belajar (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Jadi, media pembelajaran adalah media yang digunakan pada proses pembelajaran sebagai penyalur pesan antara guru dan siswa agar tujuan pengajaran tercapai.

Media pembelajaran yanng baik harus memenuhi beberapa syarat. Penggunaan media mempunyai tujuan memberikan motivasi kepada siswa. Selain itu media juga harus merangsang siswa mengingat apa yanng sudah dipelajari selain memebrikan rangsangan belajar baru. Rudi Bretz (1977) mengklasifikasikan ciri utama media pada tiga unsur pokok yaitu suara, visual dan gerak. Bentuk visual itu sendiri dibedakan lagi menjadi tiga bentuk yaitu gambar visual, garis, dan simbol. Disamping itu ia juga membedakan media menjadi media siar dan media rekam, sehingga terdapat 8 klasifikasi media: (1) media audio visual gerak, (2) media audio visual diam (3) media audio semi gerak (4)media visual gerak (5) media visual diam (6) media visual semi gerak (7) media audio dan, (8) media cetak.  
Menurut Oemar Hamalik (1989:63) ada 4 klasifikasi media pengajaran yaitu: (1) alat-alat visual yang dapat dilihat, (2) alat-alat bersifat auditif (3) alat-alat yang dapat dilihat dan didengar (4) Dramatisasi, bermain peranan, sosiodrama, sandiwara dan sebagainya.

Dengan demikian seiring berjalannya waktu, pendidikan juga dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan situasi dan kondisi pemakainya. Dari banyaknya jenis media pembelajaran akan dibahas mengenai media cetak, non cetak, media audio, dan media proyeksi. Ke-empat media tersebut akan digunakan oleh pendidik untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. 

Rumusan Masalah 
Bagaimana karakteristik media cetak (printed)?
Bagaimana konsep media non cetak (elektronis)?
Bagaimana media pembelajaran berbasis audio?
Bagaimana media pembelajaran berbasis media proyektor?

Tujuan
Mengetahui karakteristik media cetak (printed)
Mengetahui konsep media no cetak (elektronis)
Mengetahui bentuk media pembelajaran berbasis ausio
Mengetahui media pembelajaran berbasis proyektor

Selengkapnya Makalah Media Pembelajaran Sejarah Karakteristik Media Cetak (Printed) dan Non Cetak (Elektronis) / Media Pembelajaran Berbasis Audio/ Media Pembelajaran Berbasis Media Proyeksi dapat diunduh pada pada linik ini ( UNDUH )