Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Cara Cek NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) Siswa Secara Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) telah membuat NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan setiap peserta didik memiliki nomor unik tersebut sebagai identitasnya selama menjadi siswa.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan data yang dikelola Kemdikbud, Lalu bagaimana cara menetahui nomor NISN secara mandiri ? pada artikel ini mari kita bahas tentang cara cek nomor NISN secara online dan juga cara cek data diri siswa berdasarkan NISN secara online

untuk menambah pengetahuan ada baiknya kita mengetahui arti dari 10 digit angka NISN, 3 angka pertama adalah angka dari tahun lahir dari siswa tersebut dan 7 digit selanjutnya adalah nomor unik.contohnya jika kamu lahir tahun 2000 maka angka 3 digit nomor NISN kamu adalah 020 dan 7 digit setelahnya adalah nomor unik 
 

Cara Cek NISN Siswa Secara Online 

Berikut adalah cara mengecek NISN secara online dan mandiri pertama adalah kamu harus mengunjugi situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn situs tersebut adalah situs hasil kerjasama antara Kemdikbud dan Dapodik dalam pengolahan data siswa dan sekolah. 

Cara Cek NISN Siswa Secara Online Berdasarkan Tempat Dan Tanggal Lahir

1. Pertama adalah kunjungi https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, selanjutnya kamu masukan Nama Siswa, Tempat lahir dan Nama Ibu.


2. Isi dan masukan Kode Captcha sesuai dengan kode tertera  

3. Jika sudah lengkap dan mengisi semua kolom selanjutnya adalah klik tombol "Cari Data" pada bagian bawah 

4. Jika Nama Siswa, Tempat lahir dan Nama Ibu benar maka akan muncul tampilan seperti dibawah 


Setelah tadi telah mengetahui bagaimana cara mengecek NISN berdasaekan tempat dan tanggal lahir ada baiknya kita juga harus mengetahui identitas diri yang ada di data sekolah apakah telah sesuai dengan akte kelahiran seperti tempat lahir, tanggal lahir dan ejaan nama telah benar sesuai dokomen yang dimiliki, berikut adalah cara mengetahuinya .

Cara Cek Info Data Siswa Berdasarkan NISN 

1. Pertama buka halama https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
2. Kolom pencarian silakan msukan NISN nama Ibu dan klik saya Bukan Robot ( Lihat Gambar )


3.  Langkah selanjutnya adalah klik kolom "Cari Data" maka akan muncul tampilan seperti dibawah


Demikian Cara Cek NISN Siswa Secara Online. Semoga dapat bermanfaat dengan panduan yang sudah berikan diatas.