Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Atas Judul

Benda Gas dan Contoh Benda Gas


Pengertian Benda Gas

Benda gas adalah benda (barang) dengan ciri berupa zat ringan yang sifatnya seperti udara. Benda gas dapat kita jumpai di sekitar karena sifatnya yang mengisi seluruh ruangan dan terdapat di segala tempat, yakni udara yang ada di sekitar kita.

Contoh benda gas ada yang dapat dilihat atau tidak tampak. Benda gas yang dapat dilihat misalnya asap, kabut atau uap air. Sedangkan zat gas yang tidak tampak dilihat misalnya udara dan zat-zat seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, helium, dan lain sebagainya.

Beberapa sifat benda gas antara lain zatnya terdapat di segala tempat. Selain itu, jarak antar partikel zat gas berubah-ubah serta gaya tarik antar partikel cenderung lemah. Sementara gerak antar partikel benda gas sangat bebas dengan susunan partikel benda gas yang tidak teratur.

Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempati. Ciri-ciri benda gas lainnya adalah menekan ke segala arah serta memiliki massa atau berat. Contoh benda-benda gas memang selalu ada di sekitar kita, kecuali di ruang hampa udara di luar angkasa.

Contoh Benda Gas

Berikut contoh benda gas di sekitar kita dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Udara
Angin
Asap
Kabut
Uap
Oksigen
Karbon monoksida
Karbon dioskida
Nitrogen
Hidrogen
Helium
Detrium
Neon
Sulfur
Metana
Etana
Bromin
Propana
Butana
Pentana
Heksana
Argon
Freon
Ozon
Atmosfer
Ammonia
Gas belerang
Awan
Uap air
Asap knalpot
Gas dalam balon
Kentut
Gas alam
Kripton
Xenon
Radon
Florin
Sulfur dioksida
Nitrogen dioksida
Benzena
Etilen
Vinil klorida
Metil klorida
Nitrogen monoksida